5 Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Usia Kandungan 3 – 4 Bulan yang Harus Dikonsumsi

Usia kandungan di trisemester pertama memang harus dijaga. Itu karena pada usia kandungan antara 3 – 4 bulan, terjadi pertumbuhan janin dalam hal pembentukan anggota tubuh di dalam rahim. Selain itu, di usia kandungan 3 – 4 bulan, ginjal dan hati janin mulai berfungsi.

5 Makanan Ini Baik untuk Ibu Hamil, Calon Bayi pun Jadi Sehat : Okezone Lifestyle

Oleh karena itu, bagi wanita hamil di usia tersebut wajib mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Adapun makanan sehat untuk ibu hamil usia kandungan 3 – 4 bulan yang harus dikonsumsi adalah sebagai berikut.

1. Kacang Kedelai

Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil usia 3 – 4 bulan yang harus dikonsumsi adalah kacang kedelai. Itu karena kacang kedelai kaya akan nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh ibu hamil di usia kandungan 3 – 4 bulan. Adapun manfaat kacang kedelai bagi ibu hamil usia 3 – 4 bulan adalah sebagai berikut.

Kaya Protein, Ketahui 9 Manfaat Kacang Kedelai Berikut Ini! | Orami

  • Kacang kedelai kaya akan karbohidrat sehingga dapat memberikan energi untuk ibu hamil.
  • Kacang kedelai merupakan sumber lemak nabati yang aman jika dikonsumsi ibu hamil.
  • Kacang kedelai kaya akan protein yang dapat membantu pertumbuhan janin dalam rahim.
  • Kandungan asam folat pada kacang kedelai dapat memenui kebutuhan nutrisi ibu hamil.

2. Jagung

Bisa dibilang jagung dapat dijadikan  sebagai pengganti nasi. Oleh karena itu, jagung merupakan salah satu jenis makanan sehat untuk ibu hamil usia 3 – 4 bulan yang harus dikonsumsi ibu hamil. Adapun manfaat mengonsumsi jagung bagi ibu hamil usia kandungan 3 – 4 bulan adalah sebagai berikut.

Ini Hubungan antara Alergi Jagung dan Peningkatan Sel Darah Putih

  • Kandungan serat pada jagung dapat memperlancar sistem pencernaan pada ibu hamil. Apalagi jika ibu hamil mengalami sembelit, sangat disarankan untuk mengonsumsi jagung.
  • Protein pada jagung diklaim dapat mendukung perkembangan dan pertumbuhan janin pada rahim ibu. Itu karena di usia kandungan 3 – 4 bulan, terjadi pembentukan anggota tubuh janin di dalam rahim.
  • Kandungan antioksidan pada jagung dapat menjaga kesehatan mata pada ibu hamil.

3. Beras Merah

Ternyata, manfaat beras merah tidak hanya dinikmati oleh orang yang sedang diet. Perlu diketahui, beras merah juga termasuk ke dalam jenis makanan sehat untuk ibu hamil usia kandungan 3 – 4 bulan. Hal tersebut karena, beras merah memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil di trisemester pertama.

6 Manfaat Beras Merah, Bisa Turunkan Kolesterol dan Berat Badan Halaman all - Kompas.com

Adapun manfaat beras merah bagi ibu hamil 3 – 4 bulan adalah sebagai berikut.

  • Kandungan serat dan protein yang terdapat pada beras merah dapat mengontrol kenaikan berat badan selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi beras merah.
  • Antioksidan yang dimiliki oleh beras merah dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada ibu hamil.
  • Kandungan zat besi pada beras merah dapat mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil di usia kandungan 3 – 4 bulan.

4. Daging Ayam

Seperti pada pembahasan sebelumnya, di usia kehamilan 3 – 4 bulan merupakan usia kandungan di mana terjadi pertumbuhan janin dalam rahim. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak makanan sehat untuk ibu hamil 3 – 4 bulan. Salah satunya adalah daging ayam. Adapun manfaat daging ayam bagi ibu hamil adalah sebagai berikut.

Cara Mengetahui Tingkat Kesegaran Daging Ayam | kumparan.com

  • Daging ayam banyak mengandung Vitamin B3. Perlu diketahui, nutrisi pada Vitamin B3 dapat membantu pertumbuhan otak pada janin. Jadi, mengonsumsi daging ayam selama masa kehamilan 3 – 4 bulan dapat menjaga otak janin tetap sehat.
  • Kandungan asam amini esensial yang tinggi pada daging ayam dapat merangsang penguatan dan pembentukan otot pada janin.
  • Daging ayam memiliki kandungan protein yang tinggi. Jika ibu hamil mengonsumsi 100 gram daging ayam per hari, maka 50% kebutuhan harian protein ibu hamil akan terpenuhi.

5. Tahu

Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil 3 – 4 bulan yang direkomendasikan adalah tahu. Itu karena tahu kaya akan vitamin, zat besi, zinc, asam folat, serat, protein dan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Adapun manfaat tahu bagi ibu hamil adalah sebagai berikut.

Jangan Asal Beli Tahu Putih, Hindari Tahu Dengan Ciri Seperti Ini, Bahaya untuk Tubuh - Tribunjabar.id

  • Tahu memiliki senyawa kimia yang dapat meningkatkan hormon esterogen pada ibu hamil.
  • Mengonsumsi tahu secara rutin saat usia kehamilan 3 – 4 bulan dapat menurunkan kolesterol.
  • Kandungan kalsium yang tinggi pada tahu berguna untuk memperkuat dan membentuk tulang pada janin di dalam kandungan.

Baca : Tips Masa Kehamilan Agar Kesehatan Ibu dan Bayi Tetap Terjaga

Nah, itulah 5 jenis makanan sehat untuk ibu hamil usia kandungan 3 – 4 bulan yang wajib dikonsumsi. Pastikan, ibu hamil selalu mengonsumsi makanan sehat di usia kandungan 3 – 4 bulan supaya pertumbuhan dan perkembangan janin tetap terjaga. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *