Inilah Deretan Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Perempuan Ketahui

Tidak sedikit pasangan yang menantikan kehamilan hanya melihat jadwal dari datang bulan, memang tidak salah tetapi hal itu tidak bisa menjadi patokan.

Karena pada dasarnya telat datang bulan itu bisa saja terjadi akibat banyak faktor seperti bawaan hormon yang sedang naik turun, makanan yang salah, kondisi yang stress ataupun ciri lainnya.

Jika sudah seperti itu, Anda sebagai perempuan juga harus mengenal ciri-ciri hamil muda lainnya lagi untuk lebih memastikan. Lalu apa saja tanda kehamilan secara umum dari pertama muncul?

Jika harus disebutkan ada banyak sekali tanda kehamilan dari mulai yang khusus sampai dengan yang umum. Untuk yang khusus memang tidak bisa menjadi patokan dasar, karena tidak semua wanita mengalami masa kehamilan yang sama.

Jika dilihat secara umum, ada beberapa ciri kehamilan sebagai berikut ini:

Payudara-nyeri

  • Mudah lelah. Perubahan hormon tubuh estrogen dan progesterone saat hamil ternyata berpengaruh sekali pada fisik seorang perempuan. Nah, untuk itu perempuan yang sedang hamil akan mudah sekali lelah dan tidak sekuat biasanya.
  • Perut kram. Ciri yang kedua bisa Anda kenal adalah kram perut, meskipun untuk wanita yang akan mengalami menstruasi juga merasakan hal yang sama. Tetapi untuk hamil memang sedikit berbeda, ini cukup membuat sakit tetapi Anda bisa redakan dengan istirahat dan kompres perut.
  • Dada membesar. Lalu ciri-ciri hamil muda yang bisa Anda kenali lainnya lagi adalah secara fisik yang mengalami rasa nyeri atau bahkan ngilu pada bagian payudara. Bentuk dari payudara sendiri akan berubah membesar dan lebih lembut atau melunak.

Banyak sekali perubahan yang bisa dilihat dari perempuan yang sedang hamil, baik secara fisik ataupun secara psikis.

Namun tetap perlu Anda ingat, satu perempuan dengan perempuan lain bisa saja mengalami kehamilan yang tidak sama.

Jadi jangan jadikan ciri-ciri hamil muda Anda sebagai patokan kehamilan orang lain. Yang paling penting, setelah awal kehamilan langsung konsultasikan kepada dokter dan pastikan jika janin sehat dan berkembang baik.

Baca terus Wartabunda.com untuk update berbagai informasi terkait parenting, stay tuned!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *