4 Tips Mendidik Anak Yang Baik Dan Benar

Sudah sepatutnya kita selaku orang tua harus mengetahui serta memahami bagaimana cara mendidik anak yang baik dan benar. Karena bagaimanapun anak adalah amanah Tuhan YME, yang diberikan kepada kita selaku orang tua. Secara teori, cara mendidik anak itu memang tampak mudah.

Tapi pada kenyataannya, cara mendidik anak itu tidak semudah membalikan kedua telapak tangan. Banyak rintangan dan cobaan yang kita hadapi selaku orang tua dalam mendidik sang buah hati. Bahkan, tak sedikit dari para orang tua yang kerap melakukan kesalahan dalam mendidik sang buah hatinya itu. Untuk itu kita harus memiliki ilmunya, serta memahaminya dalam mendidik anak.

Berbicara soal mendidik anak, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan mengulas seputar beberapa tips mendidik anak yang baik dan benar. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini :

1. Orang Tua Harus Menjadi Suri Tauladan Yang Baik

Mungkin anda sering mendengar sebuah peribahasa “ Buah jatuh tidak jauh dari pohonnya “. Ya, peribahasa tersebut mengartikan bahwa perilaku anak itu biasanya selalu mencontoh apa-apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Untuk itu kita harus menjadi suri tauladan yang baik bagi anak-anaknya. Jangan harap anak bisa bersikap baik, jika orang tuanya sendiri tidak memberikan contoh yang baik.

2. Ajarkan Anak Sikap Kemandirian Sejak Dini

Sebaiknya kita jangan terlalu memanjakan anak, karena hal itu tidak baik bagi perkembangan kepribadiannya kelak. Kalau terlalu dimanja, nanti mereka akan tumbuh menjadi anak yang sangat ketergantungan dengan orang lain, sehingga dia tidak bisa mandiri. Untuk itu, ajarkan sikap kemandirian kepada sang buah hati sejak dini. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bahwa ia akan tumbuh menjadi anak yang mandiri dan tidak manja.

3. Ajarkan Nilai-Nilai Agama Kepada Anak Sejak Dini

Seperti yang kita ketahui, bahwa pergaulan anak-anak masa kini semakin hari semakin meresahkan saja. Maka dari itu, kita sebagai orang tua harus senantiasa mengawasi pergaulan mereka. Keluarga merupakan sekolahnya yang pertama bagi anak. Anak mulai belajar berbagai hal pertama kalinya di keluarganya di rumah. Untuk itu ajarkan anak nilai-nilai agama di rumah sejak dini, sehingga kelak dewasa menjadi anak yang soleh dan solehah.

4. Harus Ada Ketegasan

Masih ada sebagian dari para orang tua yang salah mengartikan antara kata ketegasan dengan kata kekerasan. Ya, mereka menganggap bahwa kekerasan itu bagian dari ketegasan. Padahal, arti kata ketegasan dan kata kekerasan itu sangatlah berbeda jauh. Tegas, berarti kita harus konsisten dengan perkataan yang kita ucapkan kepadanya, misalkan “ Nak, kamu tidak boleh main yang jauh ya! “ (dengan nada yang standar). Dengan adanya ketegasan, maka ia pun akan tumbuh menjadi anak yang selalu patuh pada peraturan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips mendidik anak yang baik dan benar. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *