Inilah Beberapa Kesalahan Dalam Mendidik Anak Yang Harus Kita Hindari

Anak merupakan amanah Sang Pencipta yang diberikan kepada kita selaku orang tua. Sehingga, kita harus benar-benar menjaga dan merawat amanah tersebut. Karena bagaimanapun anak adalah merupakan investasi bagi orang tuanya. Dalam mendidik anak, secara sadar atau tidak sadar kita melakukan beberapa kesalahan yang mungkin kita anggap sepele.

Lantas, kesalahan seperti apa sajakah yang harus kita hindari dalam mendidik anak? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang kesalahan-kesalahan yang dimaksud, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Menumbuhkan Rasa Takut Dan Minder

Pada saat anak menangis, tak jarang kita selalu menakut-nakutinya supaya ia berhenti menangis. Kita takuti mereka dengan hal-hal yang menyeramkan, seperti hantu, binatang, dan lain sebagainya.

Padahal hal ini bisa membuat anak menjadi penakut, sehingga dia takut ke kamar mandi sendiri, takut tidur sendiri, dan lain sebagainya. Mengingat akan hal tersebut, maka kita sebagai orang tua tidak boleh menumbuhkan rasa takut dan minder kepada sang buah hati.

2. Membanding-Bandingkan Dengan Anak Lain

Kesalahan kedua yang harus anda hindari dalam mendidik anak, yakni dengan membandingkan anak anda dengan anak orang lain. Misalkan “ Tuh lihat temen-temen kamu yang nilainya selalu bagus “.

Jika anda selalu membanding-bandingkan dengan anak lain, maka bisa membuat ia menjadi rendah diri dan tidak percaya diri. Alhasil, akhirnya si anak pun akan menutup diri dan merasa minder, sehingga ia tidak mau bermain lagi dengan teman-temannya.

3. Mengata-Ngatai Anak Dengan Kata-Kata Yang Tidak Pantas

Pada saat marah biasanya seorang ibu maupun ayah akan memarahi anaknya yang tidak bisa diurus dengan kata-kata yang tidak pantas, bahkan sampai menyumpahi.

Misalnya, pada saat marah seorang ibu mengatakan “ bego lu, bodoh lu, atau mengatakan saya menyesal melahirkan kamu “. Kata-kata seperti itu tidak pantas diucapkan oleh seorang ibu maupun ayah, walaupun anaknya sangat bandel dan susah diurus.

4. Selalu Ingkar Janji

Kesalahan berikutnya yang harus dihindari oleh para orang tua dalam mendidik anaknya, yakni selalu ingkar janji. Misalkan saja anda berjanji untuk membelikannya mainan baru di hari Minggu. Namun saat hari Minggu telah tiba, anda pun tidak kunjung membelikan mainan baru kepada sang buah hati.

Jika sudah demikian, maka sang buah hati akan menganggap bahwa anda adalah seorang pembohong. Secara tidak sadar, anda telah mengajarkan kepadanya untuk menjadi pembohong yang ulung. Maka dari itu, anda tidak boleh mebuat janji jika sekiranya tidak sanggup untuk ditepati.

5. Keras

Perlu anda ketahui, bahwa orang tua semakin keras kepada anaknya, justru ia akan semakin berontak kepada anda. Bahkan, tidak sedikit anak yang meninggal dunia akibat kekerasan yang dilakukan oleh orang tua kepadanya.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa kesalahan yang harus dihindari oleh para orang tua dalam mendidik anaknya. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *