Begini Nih! Beberapa Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Manja

Biasanya anak yang terbiasa hidup enak, nyaman, dan tidak pernah mengalami kesulitan di keluarganya cenderung menjadi anak yang manja dan tidak mandiri. Apalagi ditambah dengan pola asuh yang salah yang dilakukan oleh orang tuanya, yaitu terlalu memanjakan anak. Dimana anak selalu dituruti setiap keinginannya, padahal hal ini tidak baik dalam mendidik anak. Ya, apabila sang buah hati selalu dimanja, maka ia akan tumbuh sebagai anak yang selalu bergantung kepada orang lain.

Tentu saja kita sebagai orang tua, tidak menginginkan hal itu terjadi kepada anak kesayangan kita. Lantas, bagaimana cara mendidik anak agar tidak manja lagi? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips mendidik anak agar tidak manja, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Jangan Turuti Semua Keinginan Anak

Saking sangat menyayangi anak, kebanyakan orang tua itu selalu menuruti semua keinginan anaknya. Padahal hal ini sangat tidak baik, karena akan membuat anak menjadi anak yang manja dan selalu bergantung kepada orang lain. Untuk itu cobalah untuk tidak selalu menuruti semua keinginan anak.

Selain itu, anda juga harus memberikan penjelasan kepadanya, tentang mengapa ia tidak boleh selalu bergantung kepada orang lain. Dengan begitu, lambat laun ia pun akan mengerti bahwa ia harus tumbuh menjadi anak yang mandiri dan tidak manja.

2. Ajarkan Kemandirian

Dengan mengajarkan kemandirian diharapkan hal ini bisa membuat anak menjadi anak yang mandiri, tidak bergantung kepada orang lain. Contoh : Suruh anak kalau sudah selesai bermain untuk membereskan mainannya sendiri, atau biarkan anak mengambil minumannya sendiri pada saat dia ingin minum. Alhasil, bukan tidak mungkin bahwa sang buah hati akan tumbuh menjadi anak yang lebih mandiri lagi.

3. Memberikan Perhatian Yang Lebih

Dengan memberikan perhatian yang lebih kepada anak, anak akan merasa nyaman dan bahagia, hal ini akan bisa membantu orang tua dalam mendidik anak. Dan anak pun akan meresponnya dengan baik pula.

4. Ajak Dia Untuk Beraktifitas

Seperti yang kita ketahui, bahwa kehidupan anak kecil di jaman sekarang ini sudah sangat akrab dengan kecanggihan teknologi gadget. Jika si kecil terus dibiarkan dengan kesibukannya bermain gadget, maka hal itu dapat menghambat perkembangan kreatifitasnya lho.

Selain itu, ia juga akan tumbuh menjadi anak yang cenderung individualistis, sehingga tidak tertarik untuk bermain bersama teman-teman seusianya. Maka dari itu, ajaklah si kecil untuk beraktifitas misalkan seperti menggambar, bermain puzzle, dan aktifitas apa saja yang dapat membuatnya lebih kreatif.

5. Harus Konsisten dan Tegas

Tips terakhir dalam mendidik anak agar ia tidak manja, yakni harus konsisten dan tegas. Anda harus konsisten pada perkataan yang anda ucapkan kepadanya. Ketegasan juga sangatlah penting untuk diterapkan, agar si mungil tumbuh menjadi anak yang lebih mandiri dan lebih disiplin lagi.

Itulah beberapa tips cara mendidik anak agar tidak menjadi manja. Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba tipsnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *