4 Tips Ampuh Agar Anak Betah Di Rumah

Kita selaku orang tua merasa khawatir jika anak-anak kita sering kelayapan keluar rumah, dan jarang tinggal di rumah. Hal ini dikarenakan kita tidak bisa mengontrol dan mengetahui apa saja yang dilakukan anak kita pada saat diluar rumah, serta berteman sama siapa saja dia bergaul. Anak bermain di luar emang ada manfaatnya, seperti meningkatkan kecerdasan dan keterampilan, serta bersosialisasi.

Tetapi ada juga mudaratnya atau keburukannya, seperti bergaul dengan orang yang tidak baik, atau selalu berada di lingkungan yang kurang baik, yang akhirnya anak kita pun ikut menjadi tidak baik. Lantas, bagaimanakah cara agar anak lebih betah di rumah? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya tentang tips agar anak menjadi betah di rumah, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Perbanyak Waktu Bersama Anak

Salah satu penyebab anak tidak betah di rumah adalah, dia merasa kurangnya perhatian dari kedua orang tuanya. Mungkin karena orang tuanya sibuk sendiri sehingga anak kurang diperhatikan. Untuk itu wahai orang tua, sesibuk apapun anda, anda harus ada waktu buat anak, walaupun hanya beberapa menit. Karena anak punya hak mendapatkan perhatian dari anda.

2. Kondisikan Suasana Rumah Yang Nyaman Bagi Anak

Kondisi rumah yang nyaman bukan berarti di dalamnya banyak perabotan mewah, tetapi ciptakan di dalam rumah tersebut rasa kasih sayang antar anggota keluarga, sehingga terciptalah keluarga yang harmonis. Kalau di dalam rumah tercipta keluarga yang harmonis, maka Insya Alloh anak-anak pun akan menjadi betah di rumah, bahkan kalau sedang diluar pun merasa selalu rindu dan ingin cepat pulang ke rumah.

3. Jadilah Pendengar Yang Baik

Tips berikutnya agar sang buah hati lebih betah berada di rumah, yakni orang tua harus bisa menjadi pendengar yang baik. Tak sedikit dari orang tua yang tidak terlalu menanggap akan curahan hati dari sang buah hati. Jika hal itu terus terjadi, maka sang anak pun akan merasa bahwa dirinya merasa tidak diperhatikan oleh kedua orang tuanya.

Oleh karena itu, anda harus menjadi pendengar yang baik, dengan mendengarkan semua keluh kesah darinya. Dengan begitu, ia pun akan merasa lebih dekat dengan keluarga, sehingga ia lebih betah berada di rumah ketimbang berada di luar rumah.

4. Harus Bisa Menjadi Sahabatnya

Untuk menjalin hubungan yang lebih dekat lagi dengan sang anak, anda tidak hanya bertindak sebagai orang tuanya saja, melainkan harus bertindak sebagai sahabatnya juga. Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal ini bertujuan untuk membuang rasa canggung antara hubungan anak dengan kedua orang tuanya.

Dengan bertindak menjadi seorang sahabat, maka si anak pun tidak akan merasa canggung lagi kepada orang tuanya. Dengan demikian, ia pun akan lebih dekat dengan keluarga dan merasa lebih betah berada didalam rumah.

Itulah beberapa tips yang ampuh untuk membuat anak menjadi lebih betah berada didalam rumah. Akhir kata cukup sekian, dan selamat mencoba tipsnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *