5 Tips Selama Kehamilan Supaya Tetap Bahagia

wartabunda.com – Menjalani kehamilan bagi sebagian besar ibu pasti menyenangkan. Namun demikian tidak sedikit yang justru mengalami masa kurang menyenangkan. Bahkan beberapa merasa takut dan tidak bahagia sama sekali. Tentunya hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi psikologis ibu saat sedang hamil. Sehingga ada baiknya mengetahui bagaimana langkah untuk menjaga kondisi batin yang tetap senang saat hamil. Berikut ini beberapa tips selama kehamilan supaya tetap merasa bahagia sepenuhnya.

1. Miliki Pikiran Positif

Sangat penting memiliki pikiran yang positif selama masa kehamilan. Jangan terlalu pusing memikirkan perkataan orang lain di sekitar ibu yang membawa pengaruh negatif. Misalnya kata-kata tetangga atau saudara yang kurang sesuai dengan pikiran. Sebaiknya terima masukan dengan lapang dada dan hindari mendengar perkataan negatif dengan mengalihkan pembicaraan pada hal-hal penting yang lainnya. Dengan demikian maka ibu tetap berpikir positif selama menjalani kehamilan.

2. Persiapkan Kelahiran Dengan Tenang

Cobalah mempersiapkan kelahiran dengan lebih tenang dan lakukan hal-hal yang menyenangkan. Misalnya merencanakan kebutuhan belanja untuk si kecil atau menyiapkan barang-barang yang diperlukan untuk kelahiran nanti. Berselancar di dunia maya mencari produk-produk ibu hamil juga dapat membantu menenangkan serta membahagiakan pikiran. Karena itu tidak ada salahnya mengisi waktu di saat hamil dengan hal-hal tersebut.

Baca Juga: 9 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

3. Dapatkan Dukungan Dari Orang Terdekat

Tips selama kehamilan berikutnya yang dapat memberikan rasa bahagia yaitu dengan mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat. Maka dari itu kabarkan berita yang bahagia ini terutama pada pasangan sejak awal. Selain itu kabarkan pula pada keluarga terdekat seperti misalnya ayah dan ibu atau saudara kandung. Bisa juga menceritakan kabar bahagian ini pada sahabat di kantor atau di lingkungan rumah. Dengan memberikan kabar gembira yang membahagiakan ini tentu ada banyak dukungan yang bisa diperoleh dari orang-orang tersebut. Semakin banyak dukungan yang diperoleh secara tidak langsung rasa bahagia juga akan semakin besar. 

4. Manjakan Diri

Tidak ada salahnya memanjakan diri saat menjalani masa kehamilan. Misalnya mengajak pasangan untuk melakukan perjalanan ke tempat wisata yang menyenangkan. Habiskan cukup waktu untuk memanjakan diri dalam liburan yang diimpikan pada masa awal kehamilan. Selain itu bisa juga memanjakan diri dengan merawat diri di salon secara rutin. Atau berbelanja barang-barang yang sedang diinginkan supaya hati lebih senang. Dengan demikian perasaan akan lebih tenang dan secara tidak langsung tentu akan merasa jauh lebih bahagia.

5. Mengikuti Kelas Yoga

Salah satu langkah efektif jika ingin merasa tenang dan bahagia saat menjalani kehamilan yaitu dengan menjalani sesi yoga. Pada jenis olahraga yang satu ini ibu hamil akan dibawa untuk memiliki pikiran yang lebih tenang serta tubuh yang lebih relaks. Masa menenangkan diri yang cukup membawa ketenangan pada pikiran ibu hamil bisa diperoleh jika mengikuti kelas yoga. Termasuk mengikuti kelas yoga untuk persiapan kelahiran. Sehingga ibu dapat memiliki persiapan yang matang serta perasaan hati yang lebih tenang dan positif.

Itulah beberapa tips selama kehamilan supaya tetap bahagia dan memiliki pikiran yang positif. Dengan menjalani beberapa langkah di atas, tentu saja pikiran yang negatif maupun kecemasan yang berlebih dapat ditepis. Sehingga menjalani masa kehamilan jauh lebih nyaman dan tenang. Rasa takut bisa diusir jauh-jauh dan ibu siap menyambut kelahiran si buah hati dengan perasaan yang lebih gembira. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *