Resep MPASI Seafood yang Sangat Dibutuhkan Bayi

wartabunda.com – Resep MPASI berbahan seafood mungkin terdengar kurang biasa, karena kadang olahan dari seafood agak sedikit rumit untuk dibuat makanan pendamping ASI. Namun, bukan berarti variasi seafood ini tidak bisa digunakan karena nutrisi dan kandungan yang sangat tinggi akan sangat bagus jika diberikan kepada si kecil. Berikut ini beberapa pilihan MPASI dari olahan seafood, yaitu:

  1. Olahan MPASI Ikan

Jenis seafood yang pertama yang paling mudah digunakan pada MPASI adalah ikan-ikanan laut. Karena, dalam ikan terkandung gizi yang baik untuk tulang, gigi dan otak anak. Kandungan berupa protein, zat besi, mineral dan omega-3 bisa didapatkan dari ikan ini. 

Olahan MPASI bisa dari jenis ikan seperti gurame, nila, ikan bawal ataupun ikan tuna yang sangat berprotein. Pengolahannya pun bervariasi, tergantung selera dan kreatifitas masing-masing.   

  1. Olahan MPASI Udang

Satu lagi jenis seafood yang sangat sering dijadikan resep MPASI, yaitu olahan udang. Karena, udang memiliki banyak kandungan vitamin. Olahan dari udang inipun bervariasi dan banyak sekali caranya. 

Salah satunya adalah dengan mengolahnya dengan menjadikan udang dicampur tahu dan dijadikan nugget. Atau bisa juga dengan dijadikan sebagai sup bakso ayam udang dan bubur udang keju. Variasi udang sangat mudah diciptakan, dan pembuatannya tidak sulit juga murah.

  1. Olahan MPASI Lobster

Bahan lobster kadang sedikit sulit untuk dijadikan olahan masakan, terlebih lagi untuk resep MPASI. Karena, lobster agak besar dan keras. Kandungannya juga terdapat zat besi, protein, omega dan banyak lagi. 

Bahkan, bisa mengatasi banyak jenis penyakit seperti melindungi dari penyakit tiroid, anemia dan depresi. Olahannya bisa dibuat menjadi sup dengan tambahan jagung manis, atau banyak lagi jenis olahan lainnya. 

Baca Juga: Cara Tepat Untuk Menyiapkan Susu Untuk Anak

  1. Olahan MPASI Kepiting

Walaupun sedikit jarang olahan MPASI berbahan kepiting. Kandungan dari kepiting juga cukup penting. Resep MPASI dari bahan kepiting mungkin tidak begitu banyak, tapi masih bisa divariasikan. Salah satunya adalah dengan membuat nasi tim dengan sup kepiting, ataupun juga ayam kepiting sayur yang digabungkan. 

  1. Olahan MPASI Cumi-cumi

Satu lagi yang bisa dijadikan olahan MPASI dari bahan seafood, yaitu menggunakan cumi-cumi sebagai bahan dasar dalam olahan tersebut. Kandungan dari cumi-cumi untuk anak sebagai pembentukan sel darah merah yang baik, melawan radikal bebas, melindungi jantung, merangsang pertumbuhan tulang dan gigi. Serta banyak lagi manfaat lainnya. 

Namun untuk pengolahannya, MPASI dengan cumi-cum yang paling sering dibuat adalah dalam bentuk sup ataupun nasi tim. Bahkan, cumi bisa dikombinasikan dengan brokoli jika perlu. Variasi dan kombinasi bisa dibuat dengan kreasi sendiri sesuai kemampuan dan tingkat kesulitan masing-masing. 

  1. MPASI Ikan Dori, Salmon dan Ikan Teri

Jenis ikan dori, salmon dan ikan teri juga termasuk salah satu olahan MPASI dari seafood yang sangat baik. Variasi olahannya pun bisa Anda ciptakan sendiri. Resep MPASI yang bisa dibuat seperti olahan sup, bubur ataupun nasi tim. Terutama untuk salmon yang sering dimanfaatkan sebagai MPASI, akan lebih mudah lagi Anda menciptakan inovasinya sendiri. 

Inilah beberapa resep mpasi berbahan dasar dari seafood. Karena kandungan gizinya yang cukup tinggi, sayang sekali untuk tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, cobalah untuk membuat resep MPASI versi Anda sendiri dengan menggunakan beberapa bahan dari seafood untuk memberi variasi pada MPASI anak Anda. Gizi yang cukup menjadi aspek penting bagi pertumbuhan anak, jadi pastikan anak anda mendapatkan gizi yang cukup dan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *