9 Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Wartabunda.com – Saat ini kepopuleran buah naga semakin meningkat dan menjadi salah satu pencuci mulut favorit bagi banyak orang.

Pasalnya buah naga ini tidak hanya menyegarkan saja tetapi juga mengandung nutrisi yang baik, termasuk bagi para ibu hamil.

Lalu manfaat apa saja yang bisa didapatkan ibu hamil saat mengkonsumsi buah naga?

Berikut dibawah ini 9 manfaat buah naga untuk ibu hamil diantaranya yaitu:

1. Menjaga Kestabilan Tekanan Darah Dan Gula Darah

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah naga akan selalu terjaga kestabilan tekanan darah dan gula darahnya sehingga bisa terhindar dari komplikasi kehamilan.

Karena jika ibu hamil mengalami tekanan darah dan gula darah yang tinggi selama masa kehamilannya, maka bisa menyebabkan terjadinya preeklamsia yang tentunya membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin didalam kandungannya.

2. Mampu Mencegah Dan Mengatasi Kurang Darah Atau Anemia

Untuk terhindar dari kurang darah atau anemia juga ibu hamil bisa memanfaatkan buah naga.

Pasalnya didalam buah naga terkandung zat besi yang kaya sebagai penyusun utama sel darah merah, sehingga dengan mengkonsumsi buah naga ini, ibu hamil akan terhindar dari anemia.

3. Mampu Meningkatkan Imunitas Atau Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C didalam buah naga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan atau daya tahan tubuh.

Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka akan dapat membantu tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit.

4. Menambah Tenaga Dan Kekuatan

Buah naga sangat bermanfaat bagi ibu hamil, karena didalam 100 gram buah naga terkandung karbohidrat sekitar 9 hingga 14 gram yang berfungsi sebagai suplemen energi alami.

Dengan mengkonsumsi buah naga ini maka ibu hamil akan terbantu untuk mendapatkan tambahan tenaga dan kekuatan.

5. Mencegah Keguguran Dan Kelahiran Prematur

Buah naga mengandung asam folat yang berfungsi untuk memperkuat janin, dan juga mencegah keguguran serta kelahiran prematur.

Baca juga: Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Wanita dengan Akurat

6. Memperkuat Tulang Dan Gigi

Buah naga juga mengandung mineral mineral seperti kalsium, magnesium, dan juga fosfor yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi.

Sehingga dengan mengkonsumsi buah naga ini, ibu hamil dan janin didalam kandungannya bisa memiliki tulang kuat dan terhindar dari pengeroposan tulang.

7. Memperlancar Pencernaan

Ibu hamil yang mengkonsumsi buah naga juga akan terhindar dari masalah pencernaan. Sangat penting bagi ibu hamil mengkonsumsi buah naga karena mereka cenderung mudah mengalami masalah sembelit atau susah air besar, karena adanya pengaruh hormonal dan desakan janin didalam perut.

Kandungan serat yang kaya didalam buah naga berfungsi untuk membantu melancarkan pencernaan dan juga menjaga kesehatan usus.

8. Membantu Pertumbuhan Janin

Dan manfaat buah naga untuk ibu hamil yang terakhir dan juga sangat penting adalah dapat membantu perkembangan janin. Sehingga bayi yang dilahirkan nanti dalam keaadaan sehat dan normal.

9. Menangkal Radikal Bebas

Buah naga mengandung antioksidan dalam bentuk vitamin C yang sangat penting bagi ibu hamil karena dapat membantu menangkal radikal bebas.

Seperti yang diketahui jika radikal bebas ini menjadi salah satu pemicu utama dari munculnya penyakit berbahaya seperti kanker atau jantung.

Tetapi tidak hanya itu karena terjadinya kerusakan akibat radikal bebas juga bisa membahaykan kesehatan dan tumbuh kembang janin didalam kandungannya.

Selain itu masih ada manfaat buah naga untuk ibu hamil lainnya seperti mencegah infeks, mencegah diabetes, membantu kontraksi otot, dan beberapa manfaat lainnya.

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Tentang Penyakit Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *