Tips Masa Kehamilan Agar Kesehatan Ibu dan Bayi Tetap Terjaga

Sudah semestinya ibu hamil mempelajari tips masa kehamilan untuk memastikan bahwa kandungannya tetap sehat hingga dilahirkan. Soalnya, kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan begadang bisa membuat masalah pada bayi, terutama ketika nanti dilahirkan.

Ibu hamil harus menerapkan pola hidup sehat ketika hamil sehingga bisa terhindari dari berbagai risiko yang dapat mengganggu kesehatan bayi. Lantas, apa saja hal yang perlu dilakukan ibu hamil untuk memastikan dirinya tetap menjaga kondisi kesehatan dengan baik? Berikut ini ulasannya!

1. Mengonsumsi makanan bergizi secara seimbang
Masa kehamilan merupakan waktu yang tepat bagi ibu hamil untuk introspeksi terhadap gaya hidupnya, yakni pola makannya. Soam=lnya, ibu hamil perlu menerapkan pola hidup yang sehat. Apalagi, si bayi juga ikut memakan makanan yang dikonsumsi ibunya. Bayangkan saja apabila ibu tidak mengonsumsi makanan yang sehat, sudah pasti sang bayi juga tidak akan mendapatkan asupan makanan bergizi yang cukup. Hal ini bisa berdampak pada kekurangan berat badan ketika bayi dilahirkan.

Nutrisi yang didapatkan dari ibu hamil tidak terlihat dari seberapa banyak makanan yang ia konsumsi. Akan tetapi, nutrisi tersebut terlihat dari kandungan protein, kalsium, serta mineral yang terdapat pada makanan. Maka dari itu, sebelum mengonsumsi makanan, ada baiknya ibu hamil mempelajari nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut.

2. Tidak mengonsumsi kafein dan alkohol
Baik kafein maupun alkohol menjadi dua jenis minuman yang perlu dihindari selama ibu hamil menerapkan program hidup sehat. Kafein dan alkohol sendiri biasanya bisa kita temukan pada minuman seperti kopi, teh, minuman keras, serta minuman bersoda. Selain itu, dua kandungan tersebut dapat juga terkandung pada roti dan coklat.

Ketika kita mengonsumsi kafein dan alkohol secara tidak teratur, maka kita bisa menyebabkan pertumbuhan bayi menjadi terhambat. Bukan hanya itu saja, ada juga risiko bayi lahir cacat dan mengalami keterbelakangan mental. Makanya alih-alih mengonsumsi kopi maupun kafein, cobalah untuk memperbanyak konsumsi air putih.

3. Mengonsumsi kacang almond secara rutin
Kacang almond memiliki kandungan yang baik bagi tubuh ibu hamil karena kacang almond kaya akan vitamin seperti vitamin E, B2, B9, protein, seta serat. Kandungan-kandungan ini sangat baik untuk mendukung pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Bukan hanya itu saja, kacang almond pun berfungsi untuk menambah energi dan memperkuat tulang.

Kacang ini dapat berfungsi memperlancar pencernaan, mengatasi alergi, serta menjaga sistem kekebalan saat bayi dilahirkan. Sekarang ini, kita dapat memperoleh kacang almond secara mudah di supermarket, sama halnya seperti kita membeli roti, biskuit, maupun coklat. Kacang almond perlu dikonsumsi secara tepat sehingga manfaatnya bisa terasa langsung oleh janin.

4. Menghindari olahraga yang terlalu ekstrim
Ketika kita memasuki masa kehamilan, kita disarankan untuk berolahraga secara teratur. Hal ini akan membantu kita dalam mempersiapkan proses persalinan, terutama jika kita ingin melakukan persalinan secara normal. Meskipun demikian, kita tetap perlu mempertimbangkan apa jenis olahraga yang kita akan lakukan.

Jangan sampai, kita malah berolahraga secara ekstrim sehingga dapat beresiko pada keguguran. Beberapa contoh olahraga yang ekstrim dapat berupa push up, sit up, serta angkat beban. Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya melakukan olahraga yang ringan seperti senam, renang, yoga, serta jalan sehat. Melalui olahraga-olahraga ini, tubuh ibu hamil bisa tetap bugar. Dan pastinya, jangan lupa untuk tetap beristirahat yang cukup setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *