Menjaga Kesehatan Kehamilan Sehari-Hari

Menjaga kesehatan kehamilan sudah tentu harus dilakukan oleh setiap ibu hamil. Kesehatan kehamilan memang sangatlah penting sehingga harus diperhatikan. Sebab hal ini berpengaruh secara langsung pada kondisi janin sampai dengan waktu saat bayi lahir. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan kehamilan.

Konsumsi makanan bergizi
Makanan bergizi yang dimaksud disini adalah makanan yang mengandung nutrisi seimbang. jadi ibu wajib mengonsumsi makanan yang mampu mendorong perkembangan otak janin. Dengan adanya makanan yang bergizi maka nantinya berat lahir bayi akan tepat sehingga bayi sehat dan terhindar dari cacat lahir. Makanan yang harus dihindari ibu mungkin juga ada walaupun hanya beberapa saja terutama makanan yang bisa menimbulkan alergi pada ibu. Selain itu hindarilah makanan mentah dan makanan berlemak tinggi serta alkohol.

Konsumsi vitamin prenatal
Selain konsumsi makanan bergizi tentunya ibu hamil juga harus mengonsumsi vitamin prenatal. Vitamin prenatal tentu memilikiperanan yang penting dalam menjaga kondisi janin serta kondisi ibu mengandung. Sekalipun asupan nutrisi ibu hamil telah terpenuhi namun vitamin tentu dapat memberikan nutrisi tambahan bagi ibu hamil. Selain itu sebagain besar vitamin yang diberikan pada ibu hamil biasanya mengandung asam folat yang dapat berfungsi mengurangi resiko cacat pada janin.

Rutin memeriksakan kandungan
menjaga kesehatan ibu hamil dan janin juga dapat dilakukan salah satunya dengan melakukan pemeriksaan kandungan secara rutin atau berkala. Pemeriksaan kandungan bisa dilakukan di dokter kandungan terdekat. Dokter akan memeriksa kandungan Anda sehingga bila ada masalah pada kandungan bisa diketahui sedini mungkin. Melalui pemeriksaan ini tentunya ibu hamiljuga bisa membicarakan apa saja yang dikhawatirkan mengenai kehamilannya. Selain itu dokter nantinya juga akan membantu ibu pada saat melahirkan. Oleh karena itu pemeriksaaan rutin haruslah dilakukan.

Cairan tercukupi
Saat sedang hamil maka tentu saja ibu memerlukan banyak cairan. Karena itu ibu harus mengonsumsi air putih secara cukup. Sebab cairan pada dasarnya dapat memperlancar aliran darah yang ada di tubuh ibu. Tidak hanya itu saja tetapi cairan juga dapat menjaga kesehatan ibu dan menghindarkannya dari dehidrasi. Bila cukup minum maka ibu yang sednag mengandung tidak akan mudah lelah.

Istirahat dan tidur cukup
Cara berikutnya yang bisa dilakukan oleh ibu yang sedang mengandung agar kehamilannya selalu sehat adalah dengan istirahat atau tidur cukup. Memang saat seseorang hamil biasanya ia akan merasakan lelah yang tak biasa. Oleh karena itu wanita yang sedang hamil harus banyak beristirahat. Sedangkan saat tidur sebaiknya pilihlah posisi tidur yang sekiranya membuat tubuh Anda terasa nyaman. Misalnya saat hamil tua maka posisi tidur bisa miring ke samping dengan lutut yang sedikit ditekuk. Kebanyakan posisi tidur yang disarankan untuk ibu hamil adalah miring ke kiri.

Hindari stres
hal terakhir yang harus dilakukan pada saat hamil adalah menghindari stres. memang stres dapat muncul kapan saja termasuk pada ibu yang sedang mengandung. Namun stres justru dapat menimbulkan sakit. Oleh karena itu tetaplah berpikir positif dan jangan merasa takut sehingga stres tidak akan melanda Anda.

Menjaga kesehatan kehamilan seperti di atas tentu akan membuat janin selalu sehat. Maka nantinya buah hati yang telah Anda tunggu-tunggu akan lahir dalam keadaan yang sehat dan normal pula. Jika ingin informasi lebih banyak tentang cara menjaga kesehatan saat hamil, intip saja Popmama. Dijamin, ada banyak info menarik berkaitan dengan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *