Mengenal Manfaat Menggunakan Kalkulator Kehamilan

wartabunda.com – Mengetahui manfaat dari kalkulator kehamilan memudahkan bumil untuk memantau perkembangan janinnya. Kehamilan adalah momen penting bagi kebanyakan wanita. Kehadiran kehidupan dalam perut menjadi hadiah yang selalu diamati setiap pertumbuhannya. Namun perlu diketahui kehamilan praktis menjadi awalan untuk mulai mempersiapkan diri, materi dan psikis. Terlepas dari itu pertambahan usia kehamilan tetap memberi pengalaman sendiri.

Ibu kekinian banyak menggunakan aplikasi berupa kalkulator kehamilan untuk mengetahui pertumbuhan janin setiap waktunya. Kalkulator kehamilan menjadi satu catatan tersendiri menandai perjalanan kehamilan. Meski terkadang ada drama saat hamil kenangan itu tidak akan terlupakan.

Manfaat Menggunakan Kalkulator Kehamilan

Menggunakan kalkulator kehamilan memberikan banyak manfaat kemudahan selama kehamilan. Media yang digunakan untuk memperkirakan kondisi janin sesuai usia. Selengkapnya berikut manfaat menggunakan kalkulator kehamilan yang harus  oleh ibu hamil.:

  1. Menghitung Usia Kehamilan

Fungsi paling sederhana kalkulator kehamilan adalah menghitung usia kehamilan. Pentingnya mengetahui usia kehamilan agar dapat mempersiapkan kelahiran nantinya. Di beberapa daerah tradisi kelahiran, 7 bulanan penting untuk dipersiapkan.

Kalkulator kehamilan dapat membantu memberikan hitungan usia kehamilan yang tepat. Jadi kamu tidak perlu repot-repot USG yang membutuhkan banyak biaya. Tidak hanya mengetahui usia kehamilan, beberapa aplikasi juga memberikan informasi perkembangan janin pada usianya saat ini.

  1. Memperkirakan Berat Badan Janin

Manfaat kalkulator kehamilan yang lain, kamu bisa mendapatkan informasi tentang kondisi janin, seperti berat badan. Dengan mengetahui perkembangan janin, kamu bisa mengontrol agar berat bayi berada pada kondisi normal. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar sebab kondisi yang kurang ideal juga tidak baik pada saat melahirkan nanti. Kamu tidak perlu lagi USG untuk mengetahui kondisi janin.

  1. Menentukan Waktu HPL

Menggunakan kalkulator kehamilan juga dapat memperkirakan Hari Perkiraan Lahiran (HPL) secara tepat. Mengetahui HPL dapat membuat pada ibu hamil mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan mental. Jadi kamu bisa bersiap dari jauh-jauh hari. Cara menghitung HPL menggunakan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) atau usia janin. 

Karena itu keakuratan data yang kamu masukkan itu penting agar aplikasi tidak salah melakukan perhitungan. Meski hanya berupa perkiraan namun hasilnya cukup akurat.

Baca Juga: 5 Tips Selama Kehamilan Supaya Tetap Bahagia

  1. Menghitung Berat Badan Ibu Hamil

Selain mengukur berat bayi, kalkulator kehamilan juga bisa digunakan untuk menghitung berat badan ibu. Dengan update berat badan, kamu bisa mengantisipasi jika memiliki berat badan tidak ideal makan harus mengontrol pola makan agar kembali mendapat berat badan ideal.

Ingat, obesitas di saat hamil dapat membahayakan bagi ibu maka penting untuk mengontrol berat badan. Karenanya penting mengetahui berat badan serta memahami berat badan yang ideal. Maka segera perbaiki pola makan untuk mendapatkan berat badan yang ideal sebelum tiba waktu melahirkan.

  1. Mengetahui Rentang Waktu Trimester I-III

Manfaat kalkulator kehamilan yang terakhir adalah mengetahui rentan waktu trimester I, II dan III. Hal ini penting terkait pola makan pada ibu hamil. Sebab pada setiap semester ibu dan janin membutuhkan asupan berbeda maka berbeda pula lauk. Kalkulator ini dapat membantu membagi trimester sangat akurat jadi bisa menyiapkan makanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Itu dia tentang manfaat kalkulator kehamilan yang ternyata tidak hanya bisa menghitung usia kehamilan saja. Bahkan selain manfaat di atas beberapa aplikasi kalkulator kehamilan memberikan beragam informasi seputar kehamilan dan perkembangan anak dalam kandungan dari waktu ke waktu. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *