5 Cara Mendidik Anak Secara Islami, Menjadi Contoh Baik !

wartabunda.com – Memang Islam merupakan agama yang paling sempurna, karena dalam Islam bukan hanya mengurus tentang ibadah ritual saja, namun semua aspek kehidupan ini diatur oleh Islam, termasuk dalam mengurus anak. Karena bagaimanapun anak adalah amanat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala yang harus dijaga, dirawat, dan dididik. Untuk itu dalam artikel kali ini akan membahas tentang cara mendidik anak secara Islami dilansir dari media ibu dan anak sebagai berikut :

1. Mengajarkan Ilmu Tauhid 

Tauhid (mengesakan Allah) merupakan dasar dari agama Islam, sehingga hal pertama yang wajib orang tua ajarkan kepada anak perempuannya adalah tentang Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahwa Allah itu merupakan Tuhan yang menciptakan manusia, dunia beserta isinya, dan Allah itu maha esa. Ajarkan anak untuk mengucapkan Laa Ilaaha Illallah setiap harinya sehingga anak mulai familiar mendengarkannya.

2. Mengajarkan Doa-Doa Harian

Setelah ditanamkan konsep tauhid, anak juga perlu diajarkan tentang doa-doa harian. Misalnya doa sebelum dan sesudah tidur, doa sebelum dan sesudah makan, doa masuk dan keluar kamar mandi, doa menggunakan baju, dan lain-lain. 

Berikut beberapa doa harian untuk diajarkan pada anak 

  • Doa Sebelum Tidur

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.”

Artinya : “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati.” (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Doa Bangun Tidur

“Alhamdulillahilladzi ahyaanaa ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nushur.”

Artinya : “Segala puji bagi-Mu, ya Allah, yang telah menghidupkan kembali diriku setelah kematianku, dan hanya kepada-Nya nantinya kembali semua akan dihidupkan kembali.” (HR. Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

 

  • Doa Sebelum Makan

 

“Allahumma baarik llanaa fiima razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar.”

Artinya : “Ya Allah, berkahilah untukku dalam sesuatu yang Engkau rizkikan kepadaku, dan peliharalah aku dari siksa api neraka.” (HR. Ibnu Sunni) 

  • Doa Setelah Makan

“Alhamdulillahil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal muslimin.”

Artinya : “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk golongan orang Muslim.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi). 

3. Mengajarkan Ilmu Agama ( Sholat, Puasa, Mengaji)

Ajarkanlah ilmu agama pada anak anda sejak dini. Bahkan saat usinya masih balita, orangtua harus mulai menanamkan nilai-nilai agama. Misalnya mulai mengajari anak membaca al quran, selain itu anda juga bisa menyekolahkan anak di TPQ maupun PAUD ketika usianya sudah menginjak 2-3 tahun. Sedangkan untuk sholat atau puasa, walaupun kewajibannya dilakukan saat anak baligh, namun alangkah baiknya jika sudah diajarkan sejak dini. Selain itu, anda juga bisa mengajarkan anak tentang cara berwudhu, cara sholat dan bacaannya. Sedangkan untuk berpuasa, anak bisa berpuasa secara bertahap, berpuasa sekuatnya atau setengah hari terlebih dahulu.

Baca Juga : Anak Susah Makan? Cara Ini Akan Hentikan Kebiasaan Buruknya

4. Mengajarkan Berperilaku Sopan dan Berbakti Pada Orangtua

“Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada orang tuanya, ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah dan menyapihnya dalam 2 tahun, bersyukurlah kalian kepadaKu dan kepada kedua orang tuamu, Hanya kepada-Ku lah kalian kembali” (Q.S Luqman : 14). Selain itu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam juga mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada orang tuanya. Sebab hal itulah yang diperintahkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, bagaimana seorang anak diperintahkan harus bersikap sopan, bertutur kata lembut, menunjukkan wajah ceria dan patuh kepada perintahnya.

5. Mengajarkan Akhlak Mulia

Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam seringkali mengajarkan kepada anak-anaknya tentang cara berperilaku yang baik kepada sesama manusia. Dalam hal ini, anda bisa mengerjakannya dengan menceritakannya lewat kisah para nabi maupun dari Al Quran.

Itulah Cara mendidik anak secara islami yang mungkin bisa ayah dan bunda terapkan untuk sang buah hati dirumah, yuk jaga anak kita dengan pendidikan yang berkualitas sesuai anjuran nabi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *