4 Rekomendasi Barang Untuk Masa MPASI

wartabunda.com – Menjadi orang tua bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus dikorbankan demi menjaga buah hati yang teramat dicintai. Salah satu masa yang paling menantang bagi seorang ibu adalah masa MPASI atau makanan pendamping air susu ibu. Para ibu sangat menantikan periode makanan tambahan. Pasalnya, pada tahap itu, si kecil akan mulai meredakan makanan padat selain ASI. 

Namun, banyak ibu yang masih belum tahu harus mempersiapkan apa, termasuk alat bantu. Hal ini mengakibatkan kurangnya persiapan ibu dan bahkan ketidakmampuan untuk membeli terlalu banyak peralatan. Untuk itu, berikut adalah 4 rekomendasi barang yang harus Anda persiapkan saat memulai masa MPASI:

Baby Bib 

Inilah hal terpenting pertama yang harus Anda persiapkan. Para ibu yang baru saja menyiapkan makanan padat untuk bayinya selama 6 bulan pasti mengira proses makan bayinya akan sangat berantakan. Berdasarkan pengalaman saat ini, anak Anda tidak bisa rapi dalam hal makan dan minum. 

Untuk itu, para ibu membutuhkan perlengkapan bayi MPASi untuk mencegah sisa makanan jatuh ke lantai atau mengotori pakaian mereka. Tipe flat-type atau baby bib dapat menghalangi makanan bayi, sehingga tidak langsung bersentuhan dengan pakaian. Apalagi pada usia 6-12 bulan, bayi akan mencoba makan sendiri, yang akan membuat makanan menjadi berantakan. Ada banyak jenis makanan bayi yang bisa dipilih. Dari silikon hingga oto sekali pakai yang cocok untuk bepergian.

Kursi Bayi 

Terkadang, para ibu menganggap penting untuk duduk di kursi bayi atau kursi tinggi saat memberikan makanan padat bayi selama enam bulan. Perlu Bunda ketahui bahwa perangkat bayi MPASI ini sebenarnya mengajari Anda cara makan yang benar. Selain itu, perangkat bayi MPASI ini juga dapat menempatkan si kecil pada posisi yang tepat untuk mencerna makanan. Oleh karena itu, anak Anda terhindar dari tersedak.

Kursi tinggi bayi juga berguna, agar si kecil tidak terlalu banyak bergerak. Selama ibu memberi bayi makanan pendamping, sabuk pengaman akan menjaga bayi tetap pada posisi yang sama. Posisinya yang lebih tinggi juga memudahkan ibu untuk memberi makan anak-anaknya yang masih kecil. Inilah mengapa perangkat MPASI bayi dibutuhkan. 

Baca Juga: Resep MPASI Daging, Banyak Variasi Dijamin Si Kecil Tak Akan Bosan

Food Processor 

Bayi membutuhkan menu makanan padat yang lembut untuk memudahkan bayi mengunyah dan menelan makanan. Apalagi sistem pencernaan bayi belum sempurna sehingga dibutuhkan makanan yang empuk. Produsen makanan bayi akan memudahkan ibu membuat makanan padat yang sehat untuk bayi usia 6 bulan. 

Pada perlengkapan baby solid food jenis ini sudah tersedia steamer, blender, heater, bahkan alat untuk mencairkan makanan beku. Beberapa produsen makanan telah melengkapi waktu pengukusan agar makanan bayi padat tidak terlalu matang atau kenyal.

Kotak Makanan Bayi 

Rekomendasi berikutnya adalah kotak makanan bayi. Tentu makanan bayi padat tidak diolah dan hanya dikonsumsi satu kali. Oleh karena itu, bunda harus menyimpan sisa olahan makanan padat bayi di tempat seperti wadah es batu. Kemudian, simpan di lemari es. Saat bayi Anda makan makanan padat beku, Anda bisa memilih salah satunya. Oleh karena itu, wadah penyimpanan MPASI adalah salah satu perangkat MPASI bayi yang paling penting.

Itulah beberapa rekomendasi barang masa MPASI yang bisa bunda persiapkan, untuk memudahkan segala proses selama masa MPASI berlangsung. Apalagi produk yang dijual saat ini rata-rata memiliki desain yang sangat menarik. Hal ini biasanya menyebabkan ibu kehilangan kendali saat berbelanja. Meski desain yang lucu akan mempengaruhi mood bunda saat menyiapkan makanan padat, yang terpenting tentu saja fungsinya. Pilih alat untuk mempermudah proses suplemen makanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *