Resep MPASI Daging, Banyak Variasi Dijamin Si Kecil Tak Akan Bosan

wartabunda.com – Resep MPASI berbahan daging merupakan sumber protein hewani sekaligus zat besi yang baik bagi buah hati. Anak dengan kondisi kekurangan zat besi akan lebih gampang sakit. Selain itu, perkembangan otaknya pun menjadi kurang maksimal sebab otak membutuhkan hemoglobin untuk berpikir optimal. 

Tidak usah khawatir dengan tekstur daging yang keras. Karena daging bisa diolah menjadi tekstur yang lembut serta lunak untuk bayi. Berikut adalah beberapa resepnya yang bisa dicoba di rumah.

  1. Semur Hati Sapi

Haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit. Tumis bumbu halus. Setelah aromanya harum, masukkan hati serta sedikit kaldu. Tambahkan air dan tunggu sekitar 15-20 menit.

Setelah hati empuk serta air mulai surut, masukkan daun bawang. Sajikan dengan taburan bawang goreng serta parsley bubuk agar rasanya makin enak.

  1. Creamy Corn Beef

Kukus jagung manis serta daging sapi giling selama kurang lebih 20-25 menit. Untuk mengukus daging sapi, dapat tambahkan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan daun salam. Tujuannya agar tak bau amis.

Setelah selesai dikukus, blender jagung secara bersamaan dengan tahu. Di sisi lain, tumis bawang putih. Sebelumnya bawang putih dapat dicincang halus atau diparut. Tumis sampai harum. Masukkan daging sapi giling, lalu tambahkan susu serta santan

Setelah jagung dan tahu selesai di blender, campurkan dengan daging sapi yang tengah dimasak. Agar airnya tidak kebanyakan dan teksturnya jadi encer sekali, Anda bisa menambahkan nasi. Bisa juga diganti dengan kentang atau labu, ya.

Aduk hingga air agak surut lalu tambahkan keju, garam serta gula untuk koreksi rasa. Kalau sudah memperoleh tekstur yang diinginkan, matikan kompor. Pindahkan bubur ke food container sesuai porsi makan bayi Anda, ya.

Baca Juga: Resep MPASI Seafood yang Sangat Dibutuhkan Bayi

  1. Resep MPASI Daging Sapi Bubur Kacang Hijau

Bersihkan beras, jahe, serta kupas kacang ijo. Masak sampai bahan-bahan tersebut menjadi bubur. Apabila air telah berkurang, masukan keju sampai teksturnya meleleh di bubur.

Di wajan yang terpisah, masukan minyak canola. Kemudian tumis bawang merah serta bawang putih. Bila sudah harum masukan daging sapi yang telah dibersihkan dan diparut saat masih beku. Oseng-oseng lalu masukan air. Masak sampai matang dan airnya menyusut.

Apabila air sudah menyusut, pisahkan bubur dan daging sapi yang telah dimasak ke dalam kontainer yang berbeda. Jika waktunya makan maka dapat dipanaskan lalu disatukan di dalam satu mangkok.

  1. Bubur Tongseng Sapi

Siapkan bahan. Haluskan daging, Anda bisa menghaluskan dengan blender. Anda juga bisa parut daging beku menggunakan parutan keju.

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri serta ketumbar. Panaskan wajan, lalu tumis bumbu halus tersebut sebentar saja. Kemudian masukkan serai, lengkuas yang telah dimemarkan serta daun salam.

Masukkan daging sapi yang telah dihaluskan ke dalam wajan. Tumis sebentar. Masukkan tumisan daging ke dalam slow cooker, tambahkan kaldu sampai daging terendam. Anda bisa pakai mode high. Setelah menunggu selama satu jam, tambahkan wortel. 40 Menit kemudian masukkan santan.

Setelah proses memasak selama 2 jam, matikan slow cooker. Buang daun salam, serai serta lengkuas. Tambahkan nasi untuk karbohidrat. Anda bisa memakai 60 gram nasi putih. Lalu saring bubur dan sajikan.

Bagaimana resep MPASI berbahan daging di atas, mudah untuk dibuat, bukan? Hidangan di atas amat cocok untuk mengenalkan rasa dan tekstur pada si kecil. Selamat mencoba, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *