6 Rekomendasi Perlengkapan Mandi Untuk Bayi

Setiap orang tua ingin mendedikasikan yang terbaik untuk anaknya. Tidak terkecuali perlengkapan mandi bayi yang digunakan setiap hari. Berdasarkan pengalaman bunda yang pernah mengalaminya, dalam menyiapkan perlengkapan mandi bayi, bunda selalu berusaha memberikan produk terbaik dan dengan kualitas terbaik.

Perlengkapan mandi yang digunakan harus aman dan nyaman agar tercipta suasana mandi yang menyenangkan. Karena kulit bayi sangat sensitif, produk yang digunakan untuk mandi harus terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan tambahan yang berbahaya. Untuk itu, inilah 6 rekomendasi perlengkapan mandi untuk bayi:

Bak Mandi Bayi
Anda dapat menggunakan bak mandi bayi setelah tali pusar anak ditutup. Biasanya saat si kecil mulai menginjak usia 1-2 minggu. Agar bak mandi bayi Anda lebih nyaman, silahkan pilih bathtub yang sesuai dengan ukuran bayi Anda. Untuk melindungi kelembutan kulit bayi, pastikan untuk memilih bak mandi bayi yang tidak memiliki sudut lancip. Bahkan dari segi bahan, pilihlah bathtub yang terbuat dari bahan yang aman untuk si kecil dan tidak mudah berjamur.

Perlak Bayi
Perlak dapat digunakan sebagai keset kamar mandi untuk bayi yang baru lahir. Selain itu, bahan perlak waterproof juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk mengganti pakaian agar air seni bayi tidak membasahi kasur setelah mandi.

Sabun Mandi dan Shampoo
Anda tidak bisa memilih sabun dan sampo bayi sesuka hati. Bayi dengan kulit sensitif sebaiknya tidak menggunakan sabun dan sampo berbahan kimia. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua memilih sabun dan sampo khusus untuk bayi yang tidak menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata. Sabun dan sampo yang direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI harus sesuai dengan pH kulit dan menggunakan pewangi dan pewarna yang minimal. Penting juga untuk menghindari sabun dengan bahan desinfektan seperti fenol, deodoran dan sabun yang mengandung deterjen seperti SLS.

Bedak Bayi
Sama seperti memilih perangkat lain, saat memilih bedak bayi untuk bayi, pilih bedak yang tidak akan mengiritasi kulit anak Anda. Menggunakan bedak bayi setelah mandi akan membuat bayi Anda lebih segar. Bedak tabur juga bisa digunakan untuk merawat bayi. Untuk mencegah tersumbatnya pori-pori kulit anak, sebaiknya gunakan bedak talk saat kulit bayi dalam keadaan kering.

Baby Oil
Selain minyak telon, bayi juga membutuhkan baby oil untuk menjaga kelembutan kulitnya. Baby oil juga bisa digunakan untuk mengobati dermatitis pada kulit kepala anak. Baby oil juga bisa digunakan untuk memijat bayi. Umumnya baby oil yang digunakan untuk bayi adalah minyak organik yang tidak mengandung pewangi. Namun, tidak perlu menggunakan baby oil setiap hari.

Waslap
Handuk mandi adalah perlengkapan mandi bayi baru lahir yang harus anda persiapkan. Karena bayi baru lahir yang belum mencabut tali pusar harus mandi di permukaan yang rata. Anda bisa menyeka tubuh bayi dengan handuk yang dibasahi air terlebih dahulu. Namun, Anda tidak bisa hanya menggunakan handuk saja. Pilih handuk lembut untuk kulit bayi yang sensitif. Seperti handuk muka yang terbuat dari kapas sisir. Untuk kenyamanan, Anda bisa membeli handuk berbentuk sarung tangan.

Secara garis besar, itu adalah rekomendasi beberapa perlengkapan mandi yang harus disiapkan sebelum anak lahir. Perlengkapan mandi bayi yang direkomendasikan sudah teruji dan aman untuk bayi. Semoga bisa memberikan referensi untuk Anda yang masih bingung menyiapkan perlengkapan mandi bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *