Tips Tumbuh dan Kembang Anak Usia 2 Tahun

Usia 2 tahun pada anak disebut juga masa keemasan atau golden periode. Meski begitu, masih diperlukan banyak nutrisi untuk pertumbuhan. Anak usia 2 tahun masih banyak belajar dan menunjukkan sikap egoisme. Selain itu, tips tumbuh dan kembang anak berikut perlu diketahui dan bisa dijadikan padanan sehari-hari.

Perhatikan Pola Makan Anak
Idealnya, anak usia 2 tahun akan makan tiga kali makanan keluarga dan 1-2 kali makan snack. Namun, semua orang tua pasti paham, kendala-kendala yang akan didapatkan atau ditemui. Misalnya, ketika si kecil cerewet dan meminta makanan yang disukai.
Di masa itu, mereka akan menunjukkan sikap kemandiriannya. Jangan terpaku pada jumlah makanan, inilah tips tumbuh dan kembang anak yang perlu diperhatikan. Hindari pemaksaan dan buatlah waktu makan yang menyenangkan. Berikanlah contoh makan yang baik, dampingi dan berikan asupan yang bergizi.

Menjawab Pertanyaan Anak
Meski anak bertanya berulang kali, orang tua harus tetap menjawab dan memberikan respon terbaik. Tips tumbuh dan kembang anak ini dapat menumbuhkan cara belajar yang esensial. Proses pembelajaran si kecil masih sangat sederhana.
Untuk itu, berikan juga instruksi yang sederhana, sekaligus mulai membangun sikap dan pola yang teratur dalam beraktivitas. Anak-anak suka meniru orang tua dan mulai bisa mengklarifikasi. Karenanya, berilah si anak kesempatan untuk memahami banyak hal baru.

Penuhi Kebutuhan Fisik
Anak akan lebih mudah lelah setelah bermain dan ingin cepat tidur. Untuk itu, pastikan kebutuhan fisiknya juga terpenuhi, seperti makanan, waktu tidur, tempat bermain, dan kenyamanan berpakaian. Baju yang tidak lengket di badan dan hal-hal dasar yang seringkali dilupakan, inilah bagian paling penting dari tips tumbuh dan kembang anak, kesalahan-kesalahan kecil juga perlu dihindari.

Ajarkan Mengucapkan Kalimat yang Baik
Si kecil mulai menyapa mama dan papa, inilah kesempatan terbaik untuk mengajaknya berbicara. Dengan tips tumbuh dan kembang anak yang baik ini, orang tua bisa membiasakan sang buah hati untuk berbicara tutur kata baik.

Anak bisa diarahkan untuk menghormati dan menyayangi anggota keluarga yang lebih tua. Setelah berbicara, orang tua bisa mengajarkan tindakan yang baik. Dimulai dari yang sederhana terlebih dahulu, seperti merangkul atau memeluk saudaranya jika punya. Arahkan bagaimana caranya mencium tangan, sebagai tindakan hormat dan sopan kepada seseorang.

Tanamkan Sikap Disiplin
Sikap disiplin bisa dimulai dari perihal sederhana. Misalnya, si anak harus menghabiskan makanan yang berikan atau mulai mengembalikan barang yang disembunyikan. Anak di usia dua tahun terkadang membuat orang tua kesal.

Banyak barang yang berserakkan, bahkan rusak karenanya. Untuk itu, lakukanlah arahan terbaik untuk menumbuhkan karakter disiplin. Tips tumbuh dan kembang anak juga berguna bagi karakter dan pembelajarannya.

Perhatikan Mainan Si Kecil
Kegiatan bermain sangat dibutuhkan untuk sang buah hati. Namun, pilihlah mainan yang beredukasi untuk anak. Tips tumbuh dan kembang anak akan membantunya secara mental maupun fisik. Mainan yang memiliki banyak warna dan bentuk dapat membantu si kecil untuk belajar. Koordinasi antara mata dan tangan anak akan terlatih. Sepeda, bola, dan mobil-mobilan akan membantu kemampuan motoriknya.

Dengan mengenal beberapa tips tumbuh dan kembang anak, segala aktivitas dan pengawasan di rumah akan menjadi lebih teratur. Hebat dan sehatnya anak juga tergantung pada orang tua yang menjaganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *