Asyiknya Membesarkan Anak Kembar Dengan Cara-Cara Berikut

Cara Merawat Anak KembarAnda tentu senang sekali ya, jika bisa memiliki anak kembar. Dengan kebahagiaan berlipat ganda, tentu suasana rumah jadi lebih semarak. Tapi di sisi lain, kerepotannya pun tentu berlipat ganda. Ya, mengurus satu anak saja sudah cukup rumit, terlebih lagi dua anak dengan usia yang sama. Selain masalah mengurus keperluan sehari-hari, mendidik anak kembar pun cukup rumit. Hal tersebut umumnya dikarenakan kedua anak memiliki karakter yang berbeda, sedangkan orang tua biasanya menyamaratakan semua hal.

Tapi tenang saja, berikut ini ada beberapa hal yang bisa Anda terapkan saat mendidik buah hati yang kembar:

Biarkan mereka mengekspresikan dirinya

Orang tua biasanya membelikan baju, mainan, dan barang yang sama persis untuk anak kembar mereka. Saat anak masih kecil tentu tidak masalah, namun beranjak dewasa biasanya mereka sudah mulai memiliki ketertarikan yang berbeda. Kalau memang si kecil sedang berada di tahapan ini, biarkan saja dia memilih barang atau bajunya sendiri. Anak kemabar tak harus disamakan dalam semua hal, kok. Sebab sejatinya mereka adalah dua individu yang berbeda meski memiliki fisik yang mirip. Selain itu, bebaskan mereka untuk mengekspresikan dirinya sesuai dengan kegemaran masing-masing. Si kakak yang suka menggambar belum tentu diikuti juga oleh si adik. Jadi pastikan Anda mewadahi hobi keduanya dengan adil.

Selalu biasakan anak patuh jadwal

Tentu sangat merepotkan kalau Anda harus mengasuh dua orang anak sendirian. Namun untuk mengatasi hal tersebut, sejak kecil ajarkan anak agar patuh pada jadwal. Misalnya saja, ketika bangun tidur, biasakan anak untuk langsung ke kamar mandi tanpa disuruh. Setelah itu, siapkan meja makan dan suruh mereka sarapan. Jika memang harus bergantian, berikan pengertian untuk melakukannya secara berurutan. Anda bisa memberikan kesempatan yang berbeda pada masing-masing aktivitas, misalnya saja si kakak dapat kesempatan bermain di ayunan terlebih dahulu, sedangkan si adik bermain dengan hewan peliharaan. Setelah itu, baru keduanya bisa bergantian.

Habiskan waktu yang cukup dengan masing-masing anak

Orang tua yang memiliki anak kembar biasanya menghabiskan waktu mereka dengan dua anak sekaligus. Hal ini tidak salah, namun Anda juga harus mengingat kalau mereka sebenarnya orang yang berbeda sehingga butuh perhatian yang berbeda pula. Maka dari itu, luangkan waktu untuk menghabiskan waktu dengan setiap anak secara terpisah. Anda bisa mengatur waktu dengan pasangan di akhir pekan. Misalnya saja ketika kakak sedang asyik bermain dengan sang ayah, ibu bisa mengajak adik untuk mengobrol dan menghabiskan waktu bersama.

Bersabarlah, karena semuanya akan berlalu

Anda mungkin jauh lebih lelah dari orang tua biasa yang memiliki anak tunggal. Namun jangan terlalu memikirkan hal tersebut dan berhentilah merutuki keadaan. Ketahuilah, semuanya pasti akan berlalu. Setiap kerepotan dan masa-masa yang melelahkan, juga kenakalan si kembar pasti akan berlalu seiring berjalannya waktu.

Nikmatilah setiap momen Anda bersama buah hati tersayang dan jangan terlalu mendengarkan apa kata orang. Percayalah, insting orang tua tentu akan baik untuk anaknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *