3 Cara Jitu Untuk Jadikan Anak Suka Baca Buku

Siapa yang tak ingin anaknya gemar membaca? Sejak zaman sekolah dulu, Anda tentu sudah diajarkan bahwa membaca adalah jendela dunia. Dengan membaca banyak buku, maka pikiran bisa menjadi lebih terbuka dengan banyak pengetahuan baru yang didapatkan.

Sayangnya, banyak sekali orang yang menganggap membaca adalah aktivitas membosankan. Kalau Anda sendiri berpikir demikian, lalu bagaimana bisa menularkan semangat membaca pada anak?

Sebenarnya, membiasakan anak untuk membaca buku jauh lebih mudah daripada menyuruh orang dewasa melakukan hal yang sama. Tak ada istilah terlalu kecil untuk mengenal buku, justru lebih cepat lebih baik sehingga saat dewasa si kecil sudah akrab dengan buku. Yuk, coba 3 cara menyenangkan ini untuk membuat anak suka membaca:

1. Buat markas rahasia di dekat rak buku

Anak-anak selalu suka membangun sesuatu dan menjadikannya tempat rahasia mereka. Bahkan kadang hanya dengan tumpukan bantal dan selimut yang dibentangkan, mereka berimajinasi ada di dalam tenda yang luas di tengah hutan. Nah, Anda bisa memanfaatkan imajinasi anak untuk mendekatkan mereka dengan buku.

Caranya, buatlah markas rahasia yang berdempetan dengan rak buku. Anda bisa memakai barang-barang yang ada di rumah seperti kardus bekas untuk menyusun space tersendiri. Atau jika ingin terlihat lebih bagus, beli playmat ataupun tenda mini yang bisa diletakkan di sekitar rak buku.

Anda bisa mengatakan kepada si kecil bahwa di tempat itu ia akan aman dan tak ada seorang pun yang akan melihatnya. Tapi syaratnya, si kecil tak boleh berisik dan hanya boleh melakukan aktivitas yang tenang seperti membaca.

2. Wujudkan cerita yang ada di dalam buku

Anak-anak mungkin berpikir apa yang ada di dalam buku hanyalah sebatas fiksi saja. Itu yang membuat mereka lebih suka menonton film yang terkesan jauh lebih nyata, meski tidak menutup kemungkinan bahwa itu juga hanya fiksi. Untuk menarik minat baca anak, Anda bisa mencoba mewujudkan apa yang ada di dalam buku.

Misalnya saja jika Anda baru membacakan buku cerita tentang kehidupan di bawah laut, tak ada salahnya mengajak anak berkunjung ke Sea World. Anda juga bisa mengajak anak ke kebun binatang usai menceritakan kisah para hewan atau datang ke Monas saat baru saja menghadiahkan si kecil buku mengenai sejarah Monas. Hal ini membuat anak lebih tertarik untuk membaca karena ia menyadari apa yang ada di dalam buku ternyata ada di dunia nyata.

3. Membaca sambil memasak

Kalau Anda punya anak yang hobi makan, tak ada salahnya menarik minat bacanya melalui makanan. Carilah buku yang berkisah tentang sayuran atau berbagai jenis makanan lain. Setelah itu, ajak anak ke dapur untuk membuat sendiri makanan seperti yang ada di dalam buku.

Anda juga bisa memilih buku resep dan meminta si kecil membacakannya sedangkan Anda yang memasak. Cara ini cocok untuk anak yang lebih suka melakukan kegiatan aktif daripada hanya duduk diam dan membaca.

Cara mana nih, yang akan Anda gunakan untuk membuat si kecil lebih suka membaca? Jangan lupa, ajak anak ke perpustakaan atau toko buku secara rutin untuk memilih sendiri bacaan favoritnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *