Tips Tumbuh dan Kembang Anak Usia 5 Tahun

Ketika merawat buah hati, Anda perlu mengetahui tips tumbuh dan kembang anak agar dapat memaksimalkan momen ini. Perhatian yang maksimal dari orangtua bisa menjadikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Di usia 5 tahun, ada banyak hal baru yang akan dipelajari anak dan perlu dampingan orangtua agar tetap terarah.

Perkembangan Anak Usia 5 Tahun: Menyambut Milestone Baru | Popmama.com

1. Ajarkan Anak Bermain dengan Teman Sebaya

Pada usia ke-5 tahun, anak biasanya akan menjadi semakin aktif dan ingin mengenal banyak orang. Perkembangan emosional dan sosial buah hati akan semakin kompleks. Untuk itu, orangtua perlu mengajarkan anak cara bergaul agar tidak menjadi individu yang anti sosial. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak bermain bersama teman dengan kisaran umur sama.

Untuk mengenalkan anak pada teman sebayanya, Anda bisa mengajaknya bermain di taman atau tempat lain yang sering dikunjungi anak. Ajarkan anak cara menyapa orang lain yang sebaya dan cara berkenalan yang baik. Jika di sekitar rumah ada anak lain yang seumuran, dorong anak untuk bermain dan berteman dengan anak tersebut.

2. Ajarkan Cara Membaca dan Menulis dengan Baik

Anak di usia 5 tahun biasanya memiliki kemampuan pemahaman yang semakin baik dan cepat. Oleh sebab itu, salah satu tips tumbuh dan kembang anak yang bisa diterapkan adalah dengan mengajari membaca dan menulis. Dengan begitu, diharapkan bahwa anak akan lebih cepat memahami bacaan dan tulisan serta tidak mudah lupa.

Namun, perlu diingat bahwa Anda tidak boleh memaksa anak yang belum memiliki kemauan belajar membaca dan menulis. Janganlah memarahi anak untuk memintanya belajar, tetapi bujuklah dengan bahasa yang halus. Semakin anak dimarahi, ia justru akan semakin menolak untuk belajar atau bahkan trauma.

3. Pujilah Anak Setiap Kali Berbuat Hal Baik

Anak kecil dengan usia 5 tahun tentu sangat suka dipuji. Oleh sebab itu, setelah anak melakukan kebaikan sebaiknya Anda memberikan pujian. Pujian tersebut semata-mata untuk mengapresiasi anak agar lebih semangat berbuat baik dan bukan untuk membuatnya sombong. Berikan kata-kata manis yang sewajarnya setelah dia melakukan hal yang positif.

Pada usia 5 tahun, anak biasanya banyak belajar dan memahami hal baru. Setiap dia berusaha dengan baik atau berhasil membaca sebuah tulisan, berikanlah kalimat positif agar ia merasa diapresiasi. Contoh lain ketika ia telah melakukan hal baik seperti merapikan tempat tidur setiap pagi, berikan juga pujian.

4. Ajak Anak Bercerita

Perkembangan bahasa juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan selama anak tumbuh dan berkembang. Di usia ke-5 tahun, Anda perlu memancing kemampuan ini agar berkembang lebih maksimal. Tips tumbuh dan kembang anak pada fase ini adalah dengan mengajaknya menceritakan berbagai hal terkait pengalaman yang dihadapi setiap hari.

Ketika Anda sedang bersantai bersama anak, misalnya saat sore hari atau malam hari, pancinglah ia untuk bercerita. Tanyakan apa saja yang ia alami dari bangun pagi hingga saat istirahat. Tanyakan bagaimana perasaannya.

5. Dorong Anak untuk Tidak Malas Beraktivitas Fisik

Di zaman yang modern ini, banyak anak malas beraktivitas fisik karena terlalu gemar bermain gadget. Hal ini bisa menimbulkan pengaruh buruk bagi perkembangan fisiknya, misalnya obesitas. Oleh sebab itu, doronglah anak untuk menggerakkan fisiknya, misalnya dengan bermain sepeda.

Nah, itu tadi adalah beberapa tips tumbuh dan kembang anak yang bisa Anda coba terapkan. Ingatlah bahwa tips ini perlu penyesuaian dengan kondisi anak dan lingkungan sekitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *