Cara Mendidik Anak dalam Islam yang Harus Bunda Ketahui

Wartabunda.com – Sejatinya, setiap orang tua pasti ingin memiliki seorang anak yang berbakti, rajin ibadah, pintar, dan berbudi luhur.

Itu sebabnya, mengapa mereka akan melakukan berbagai cara dalam mendidiknya. Tapi pada faktanya, tak sedikit pula dari para orang tua yang kerap melakukan kesalahan fatal dalam mendidik buah hatinya itu lho!

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara mendidik anak dalam Islam, mari sama-sama kita simak saja langsung paparannya di bawah ini.

1. Ajarkan Dasar-dasar Islam

Mengingat temanya adalah mendidik anak secara Islami, tentu saja bunda harus mengajarkan si kecil tentang dasar-dasar islam.

Dalam hal ini, bunda harus mulai menanamkan rasa cintanya pada Islam dan Allah SWA. Sebagaimana yang disebutkan pada sebuah hadist:

“Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat Laila ha illallah. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, Laila ha illallah. Sesungguhnya barangsiapa awal dan akhir pembicaraannya Laila ha illallah, kemudian ia hidup selama seribu tahun, maka dosa apa pun, tidak akan ditanyakan kepadanya.” (Sya’bul Iman, Juz 6, Hal 398 dari H.R Ibnu Abbas).

Bukan hanya itu, terdapat juga tahapan-tahapan tentang orang tua yang harus mengenalkan Allah SWA, ketika anak berusia 3 tahun maka ajarkanlah kalimat Tauhid Laila ha illallah sebanyak 7 kali, dan ketika ia menginjak usia 3 tahun 7 bulan maka ajarkan kalimat Muhammad Rasullullah.

2. Mengajarkan Anak Tentang Tata Cara Shalat dan Berwudhu

Diharuskan bagi bunda untuk mengajarkan anak tentang tata cara shalat dan berwudhu sejak dini. Meski dia tidak selalu mampu untuk melakukan shalat dengan baik dan benar, namun kebiasaan tersebut berguna untuk melatihnya.

Ketika dia sudah bisa memahami mana arah kanan dan arah kiri, barulah bunda mulai mengajarkan mengenai arah kiblat.

Jika sudah demikian, bunda bisa langsung mengajari dan mengajaknya untuk melakukan shalat.

“Suruhlah anak-anakmu shalat ketika berumur tujuh tahun, pukulah mereka jika meninggalkannya setelah berumur sepuluh tahun dan pisahkanlah tempat tidurnya.” (HR. Ahmad dan Abu Dawud).

Baca juga: Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat dan Cara Mengatasinya

3. Latih Si Kecil Untuk Melakukan Ibadah Puasa

Ketika bulan suci Ramadhan tiba, tentunya bunda harus melibatkan si kecil untuk ikut juga melakukan ibadah shaum alias berpuasa.

Bunda bisa memulainya dengan mengajak ia bangun sahur. Biasanya, kebanyakan dari mereka hanya mampu melaksanakan puasa setengah hari.

Namun, ada juga dari mereka yang berpuasa penuh, tapi keesokan harinya tidak melakukan puasa. Hal itu memang wajar terjadi untuk anak-anak, dikarenakan mereka masih butuh adaptasi.

Jika sudah dibiasakan melatihnya, tentu saja kelak nanti si kecil bisa melakukan ibadah puasa dengan sempurna.

4. Hak Anak Dalam Agama Islam

Perlu bunda ketahui, bahwa dalam ajaran agama Islam, kehadiran anak itu memiliki kedudukan tersendiri.

Tentu saja bunda harus paham dulu mengenai cara mendidik anak secara Islami. Kedudukan tersebut diantaranya adalah:

  • Anak sebagai amanah
  • Anak sebagai generasi penerus
  • Anak sebagai tabungan amal
  • Anak adalah penghibur dunia

Hak Anak:

  • Memberikan nama yang baik
  • Diakikahkan dan dipotong rambutnya (sebaiknya dilakukan pada hari ketujuh)
  • Ada hak anak yang tertambat pada ayahnya, yaitu mendapatkan pengajaran budi pekerti yang luhur, menulis, dan latihan fisik dengan tujuan menyehatkan badannya, serta diwarisi harta yang halal.
  • Mendidik anak secara Islami, seperti yang diajarkan oleh Rasullullah tentang cara mendidik anaknya.

Baca juga: Cara Tepat Untuk Menyiapkan Susu Untuk Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *