Inidia Beberapa Manfaat Sinar Matahari Pada Pagi Hari

Wartabunda.com – Sinar matahari merupakan ciptaan dan karunia Tuhan yang dibutuhkan bagi kehidupan manusia di dunia.

Dimana, matahari ini menjaga supaya bumi tetap hangat dan mencegah bumi dari kebekuan. Bukan hanya itu, sinar matahari juga sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Walaupun demikian, jika tubuh terlalu sering terkena sinar matahari bisa meningkatkan risiko terkena kanker dan katarak.

Selain itu, sunburn atau kulit terbakar matahari juga merupakan kondisi yang diakibatkan oleh sinar radiasi matahari yang terlalu tinggi dan bisa menyebabkan kerusakan DNA.

Untuk itu, manfaatkan sinar matahari ini dengan jumlah dan waktu yang tepat. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan sinar matahari pada pagi hari selama 10 menit dan dilakukan dua kali dalam seminggu.

Lalu apa manfaat sinar matahari untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya.

1. Mengatasi Depresi

Manfaat sinar ultra violet yang pertama adalah untuk mengatasi depresi. Ada sebuah studi menunjukkan bahwa dengan terkena sinar matahari bisa meningkatkan suasana hati anda.

Karena pada pagi hari yang cerah dengan matahari bersinar terang, akan membuat otak anda akan menghasilkan hormon serotonin, yakni sejenis hormon yang bisa mempengaruhi suasana hati.

Hormon ini akan semakin banyak dibandingkan dengan hari-hari mendung atau berawan.

Dengan berkurangnya hormon serotonin dalam tubuh, anda pun akan semakin rentan terserang seasonal affetive disorder (SAD), yakni suatu bentuk depresi yang dipicu oleh perubahan musim.

Jika sudah terkena SAD, apalagi di musim yang kurang sinar mataharinya seperti musm dingin atau penghujan, gejala depresi seperti sulit berkosenstrasi, tidur berlebihan, murung, malas melakukan kegiatan sehari-hari, merasa lelah, serta hilang energu bisa anda rasakan.

2.  Mencegah Risiko Kanker

Perlu diketahui bahwa sintesis vitamin D yang diakibatkan oleh sinar matahari, bisa menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti kanker prostat, kanker usus, kanker ovarium, dan kanker payudara.

Namun hati-hati, karena terlalu lama terpapar sinar matahari juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Baca juga: Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Mulut Hingga Ke Akar Akarnya

manfaat-sinar-matahari-tips-berjemur

3. Detoksifikasi Tubuh

Manfaat sinar matahari berikutnya adalah sebagai detoksifikasi tubuh. Dimana, sinar ultra violet ini dapat meningkatkan pengeliminasian racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati.

Bukan hanya itu, sinar ultra violet juga meningkatkan sirkulasi darah sehingga racun-racun tereleminasi lebih efesien melalui darah.

4. Bisa Memperbaiki Sistem Pencernaan

Perlu diketahui bahwa sinar matahari juga merupakan pengobatan terbaik guna meningkatkan nafsu makan.

Bukan hanya itu, sinar ultra matahari juga bisa memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.

5. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat sinar matahari selanjutnya adalah bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh. Pada saat kulit terkena sinar matahari pagi hari, maka akan terjadi penambahan sel darah putih, terutama limfosit, yang digunakan untuk menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat jamur, virus, dan bakteri.

Sehingga secara tidak langsung anti bodi pun akan meningkat. Kondisi ini akan bertahan hingga 3 minggu.

6. Memperbaiki Kondisi Kulit Yang Bermasalah

Manfaat sinar matahari yang terakhir adalah berhubungan dengan penyakit kulit. Dimana, menurut WHO mengatakan bahwa dengan berjemur di bawah sinar matahari bisa mengobati kondisi kulit pada beberapa orang.

Seperti memperbaiki kondisi kulit kronis seperti eksim, jerawat, sakit kuning dan psoriasis. Selain itu, sinar matahari juga bisa mengurangi tampilan bekas luka dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

Masih banyak manfaat sinar matahari lainnya yang bisa anda dapatkan jika anda sering-sering berjemur di sinar matahari pagi hari selama kurang lebih 10 menit. Dengan begitu tubuh anda akan semakin sehat dan bugar.

Baca juga: Inilah Cara Mencegah Kehamilan Yang Harus Kalian Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *