Advertisements

Jenis Makanan Yang Menjadi Pantangan Bagi Ibu Hamil

Kehamilan Merupakan hal yang menggembirakan sekaligus menjadi tantangan bagi seorang calon ibu. Asupan nutrisi yang sehat dan seimbang dibutuhkan untuk menjaga tubuh tetap sehat, termasuk membantu perkembangan janin di dalamnya Namun tentu saja ada jenis makanan pantangan bagi ibu hamil yang perlu di hindari.

jenis makanan dihindari ibu hamil

  • Makanan Mengandung MSG Tinggi

Ibu Hamil harus cermat soal memilih makanan sehat, makanan yang mengandung MSG tinggi dapat mengakibatkan resiko gangguan kesehatan antara lain:

  • Kandungan Natrium dalam MSG

Biasanya makanan yang mengandung MSG juga memiliki kandungan natrium yang cukup tinggi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau setiap orang termasuk ibu hamil untuk membatasi asupan sodium atau natrium, yaitu tidak melebihi 2.000mg per hari. Asupan natrium berlebih pada ibu hamil dapat meningkatkan penumpukan cairan tubuh dan tekanan darah.

  • Kenali MSG dalam Produk Makanan Kemasan

Ibu hamil sebaiknya memperhatikan keuntungan MSG yang tertera di kemasan makanan yang akan dibeli, beberapa produk kemasan juga mengandung bahan lain yang dapat mengandung MSG seperti hydrolyzed soy protein, glutamic acid, yeast extract, sodium caseinate dan autolyzed yeast.

  • Perhatikan Apabila Mempunyai Riwayat Alergi MSG

Hal yang juga harus diwaspadai jika ibu hamil pernah mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG. 

  • Makanan Mengandung Pemanis Buatan

Jika terlalu sering dan banyak mengonsumsi pemanis buatan dapat membahayakan ibu hamil dan janin, sebagian ibu hamil memang akan mengalami fase ngidam makanan manis dan selalu minta dituruti kemauannya. Hal ini boleh-boleh saja dilakukan, tetapi ibu hamil harus lebih berhati-hati mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan. Karena ada beberapa jenis pemanis buatan yang bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti:

  • Sakarin

Umumnya, pemanis buatan ini masih dianggap aman selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan. Sejumlah penelitian menemukan bahwa sakarin dapat masuk ke dalam plasenta dan meningkatkan resiko janin menderita kanker kandung kemih.

  • Siklamat

Belum ada penelitian siklamat aman buat ibu hamil, disarankan ibu hamil tidak mengonsumsi siklamat tanpa anjuran dokter.

Advertisements

  • Makanan Kemasan Tinggi Natrium

Salah satu pantangan ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi adalah menghindari makanan kemasan dengan kandungan natrium yang tinggi. Salah satu bentuk natrium adalah garam. Kebanyakan sumber natrium yang bisa dikonsumsi berasal dari makanan olahan atau industry yang diproduksi dengan cara diasinkan, diasap, diawetkan, dikeringkan, dibekukan, dikalengkan, dan lain sebagainya.

Contohnya adalah kornet, sosis, nugget, daging asap, bakso, daging burger (patty) kemasan, camilan kemasan yang rasanya gurih, sup bubuk kemasan, sup kalengan, mie instan, saus instan, makanan kemasan beku (frozen food), dan acar.

MSG alias micin atau vetsin juga bentuk lain dari natrium. Terlalu banyak natrium dapat menyebabkan retensi air yang meningkatkan tekanan darah pada jantung dan pembuluh darah. Ini yang menjadi pantangan bagi ibu hamil yang hipertensi, selain makanan asin tinggi garam juga makanan dengan lemak trans dan tinggi gula.

  • Makanan dengan Kandungan Tinggi Pengawet

Biasa terdapat pada makanan kaleng, seperti contohnya tomat kaleng. Ibu hamil biasanya mencampurkan tomat kalengan saat membuat sambal, sebaiknya hindari tomat kaleng karena tomat yang dikemas dalam kaleng sudah mengandung bahan pengawet yang cukup tinggi. Pengawet inilah yang ditakutkan dapat membahayakan kesehatan dan juga janin yang ada di dalam rahim.

  • Beberapa Biji-Bijian

Banyak yang berpendapat bahwa konsumsi biji adas, fenugreek dan wijen masuk dalam daftar pantangan bagi ibu hamil. Karena banyak anggapan yang mengatakan ketiga jenis biji ini bisa merangsang kontraksi rahim yang menyebabkan kelahiran premature atau keguguran. 

Namun jika mengonsumsinya dalam jumlah sedikit tidak ada yang perlu dipermasalahkan.

Baca Juga : Minuman Yang Dilarang di Minum Bagi Ibu Hamil

Sekian 5 jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, psemoga bermanfaat!

Advertisements