Advertisements

Ini 8 Manfaat Lagu untuk Tumbung Kembang Anak

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan awal dari otak anak-anak dapat dirangsang lewat lagu. Itulah sebabnya banyak permainan serta pengajaran ke anak-anak yang memanfaatkan lagu. Sebenarnya apa saja sih manfaat lagu untuk kecerdasan anak, berikut penjelasannya: 

 1. Lagu dapat membantu dalam mengembangkan kecerdasan emosional anak

Membiasakan anak-anak untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu dapat mempertajam kemampuan anak untuk mengenali emosi dalam suara. Hal ini kelak akan membantu anak untuk mengembangkan kemampuan dalam menanggapi orang dan situasi dengan lebih luwes..

 2. Lagu dapat membantu meningkatkan kemampuan berbicara dan membaca

Penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan dan menyanyikan lagu berpengaruh pada kemampuan verbal anak. Anak-anak dapat mempelajari kosakata baru dan membaca melalui lirik di sebuah lagu. Mereka dapat mengingat lirik lagu dengan lebih baik dan malah menggantinya dengan kata lain untuk membuatnya lebih lucu. Semakin sering mendengarkan dan menyanyikan lagu, kemampuan verbal anak akan semakin terlatih. 

 3. Lagu dapat membantu meningkatkan konsentrasi

Kegiatan mendengarkan dan menyanyikan lagu juga mengaktifkan area di otak yang mengatur tentang perhatian dan fokus. Anak-anak menjadi lebih siap untuk belajar dan menerima informasi. 

Lagu dapat membantu meningkatkan rentang perhatian yang diperlukan untuk menyimpan informasi dalam memori kita. Selain itu, mendengarkan musik sebagai jeda di antara gerakan juga akan melatih anak untuk antisipasi. 

 4. Lagu dapat mengurangi kegelisahan 

Mengapa saat hamil disarankan untuk mendengarkan musik klasik? Ternyata janin di dalam perut juga bisa merasakan kegelisahan lho. Musik yang tepat, yaitu musik klasik akan memberi stimulus pada janin. Bayi akan merasa tenang dan tidak gelisah karena mendengarkan musik yang tenang dan tidak riuh.

Advertisements

Tidak hanya untuk janin, anak-anak pun dapat dibuat tenang dengan lagu. Ajak mereka untuk mendengarkan dan menyanyikan lagu saat mandi, bermain, atau makan. Ketika akan tidur juga bisa diperdengarkan stimulasi lagu untuk memberikan ketenangan sehingga otak anak akan beristirahat dengan optimal. 

 5. Lagu dapat melatih motorik kasar

Saat mendengarkan dan menyanyikan lagu, ajak anak untuk melakukan gerakan ringan seperti melangkah ke kiri dan kanan atau bertepuk tangan. Musik pada lagu akan membantu menyelaraskan gerak tubuh dan kerja otak. Anak-anak akan terbiasa melakukan berbagai gerakan iringan musik. Hal ini otomatis menjadi latihan untuk motorik kasarnya.

Begitu juga saat belajar memainkan alat musik. Berbagai cara memainkan alat musik akan merangsang motorik kasar anak dengan lebih intens. 

 6. Lagu dapat menjadi sarana sosialisasi anak

Ketika bernyanyi bersama teman-temannya, anak-anak akan belajar bekerja sama untuk membentuk irama. Mereka belajar menjadi teamwork agar lagu yang dinyanyikan menjadi selaras dan indah untuk didengar. Mereka juga dilatih untuk konsentrasi, berkompromi, dan kreatif. Kelak kemampuan ini akan bermanfaat dalam pergaulan. 

7. Lagu menjadi sarana berekspresi untuk anak 

Lewat musik anak bisa belajar mengekspresikan perasaannya. Terkadang mereka belum bisa bernyanyi atau mengungkapkan perasaan dengan kata-kata. Tapi karena lagu, mereka bisa merespon dengan menggoyangkan tangan, menganggukkan kepala, atau ikut bernyanyi meski suara yang dikeluarkan hanya gumaman. 

8. Lagu dapat membantu mengingat 

Banyak lagu yang mengajak anak untuk mengenal huruf dan angka. Kedua hal ini akan lebih mudah dipelajari lewat lagu yang riang dan menyenangkan. Kegiatan mengingat huruf dan angka jadi tidak terasa membosankan. 

Itulah manfaat lagu untuk tumbuh kembang anak. semoga bermanfaat!

 

Advertisements