Makanan Khas Bogor Untuk Para Traveler Jaman Sekarang

Wartabunda.com – Traveling menjadi kegiatan menyennagkan yang biasanya sangat menguras tenaga, tahukah Anda mengapa? Biasanya ini karena Anda harus menempuh perjalanan yang jauh dan terkadang bahkan sulit untuk ditempuh.

Traveling biasanya disiapkan dengan persiapan yang matang, entah itu menyiapkan biaya transportasi, makan, sampai dengan menginap. Apalagi perjalanan lokasi traveling Anda memang jauh dan cukup memakan waktu.

Urusan makan biasanya yang paling ekstra untuk diperhatikan. Ini karena setiap harinya kita makan tiga hari sekali, jadi pasti dong, yang diperhatikan pertama makanannya.

Melakukan kegiatan traveling adalah hobby yang sedang digandrungi anak muda. Hampir setiap anak muda jaman sekarang ikut-ikutan dalam hobby melakukan traveling ini.

Kira-kira traveling seperti apa yang paling terkenal ya? Ada banyak sekali tempat wisata di Indoesia. Biasanya tempat wisata identik dengan makanan khas, budaya khas, bahkan pakaian khas dan lainnya.

Traveling bersama teman sejati atau bahkan orang-orang yang disukai tentunya memberikan banyak kesenangan selama traveling. Salah satu yang ramai dilakukan saat travel ialah, mencba makanan khas daerah tertentu.

Cicip-Cicip Makanan Khas Bogor

Jika Anda memilih untuk liburan di Bogor, maka jawabannya sangat tepat. Loh mengapa begitu ya? Bogor adalah salah satu kota di jawa barat, yang memiliki beragam cerita dan keistimewaan. Semua yang datang ke Bogor pastilah penasaran dengan beragam kekhassan di Bogor. Termasuk khas pada makanannya.

Bogor memiliki berbagai macam makanan yang khas, dan bahkan dikenal oleh salah satu pemilik tempat makanannya. Sehingga biasanya lokasi tempat makanan tertentu ramai dan menjadi hal paling populer yang dikejar oleh para wisatawan kota mereka.

Bogor biasanya dikenal dengan pemandangannya yang asri, juga beragam panorama alam yang masih segar untuk dinikmati.

Ada banyak seklai wisata alam yang segar dan menjadi pilihan warga untuk sekedar nongkrong, menikmati makanann khas bogor, sambil bercengkrama. Sampai saat ini Bogor adalah sebuah destinasi liburan atau traveling yang tidak boleh dilupakan dan jangan sampai dilupakan. Cuaca kota Bogor dikenal memiliki curah hujan yang tinggi, itu mengapa dijuluki kota hujan.

Apa Saja Amkanan Khas Bogor Ya?

Penasaran sekali ya, sebenarnya makanan apa saja yang menjadi khas di Bogor. Jika Anda tertarik, sepertinya Anda bisa segera berkunjung ke Bogor, atau mungkin Anda bisa membuat makanan khasnnya.

Jadi acara makan makanan khasnya semakin seru dan enak untuk dinikmati. Sebelumnya yuk ketahui dulu makanan khas Bogor apa saja yang bisa dinikmati.

1. Doclang

Doclang

Anda pernah mencoba kupat tahu? Atau mungkin lontong sayur? Nah doclang memiliki rasa dan tampilan yang hampir mirip dengan kedua jenis makanan tersebut. Doclang merupakan makanan khas bogor yang enak jika dipilih sebagai teman sarapan pagi.

Bahannya terbuat dari kupat yang lebih dikenal dengan nama pesor, tahu goreng, kentang rebus yang digoreng, telur rebus, lalu diberi bumbu kacang, kecap, emping dan kerupuk.

2. Ngo Hiang

Ngo-Hiang

Nah ini adalah resep makanan khas Bogor yaitu dari bahan daging babi, ditambahkan udang juga sagu yang digulung dibuat seperti rolade.

Ngo hiang, nantinya dipotong-potong dan di sajikan dipiring bersama dengan tahu atau kentang, yang disirap oleh bumbu seperti kuah kental, yang rasanya manis dan gurih, nah tidak lupa dilengkapi dengan acar timun, wortel dan lobaknya.

3. Toge goreng

Toge-goreng

Ini sebenarnya yang paling khas dari Bogor, makanan sayur-sayuran yaitu toge yang direbus, lalu ditiriskan, nanti disajikan bersama mie telur juga dengan tahu digoreng, barulah disirap dengan bumbu tauco, dicampur oncom. Rasanya segar, dan enak. belum lagi toge bermanfaat dan berpengaruh pada kesuburan loh.

4. Cungkring

Cungkring

Nah satu lagi makanan yang enak dicicipi saat sarapan. Ada makanan khas yang namanya cungkring. Pernah dengar? Cungkring ini ialah kaki sapi, yang dibuat dengan bagian daging khusus yaitu kikil, dampal, urat, dan kulit. Setelah itu, disajikan dengan bungkus nasi, bersama ketupat, barulah dibanjur dengan bumbu sate, cungkring ini nikmat dan khas masyarakat kota Bogor.

5. Pepes sagu

Pepes-sagu

Pepes ayam, pepes tahu, pepes teri, ah sudah biasa. Mari kita ke Bogor dan mencoba pepes sagu. Nah pepesa sagu ini merupakan pepes yang bahan dasarnya dari Sagu dan cara masaknya seperti di pepes. Pepes satu ini manis dan enak sekali dijadikan cemilan ketika perjalanan. Anda bisa membelinya di beberapa toko makanan khas Bogor.

Baca juga: Ini Dia Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Mudah

6. Bapatong

Bapatong

Mendengar bapatong, berarti Anda siap makan sampai kenyang. Bapatong diambil dari singkatan Bakso, Kupat Gentong. Satu porsi dari bapatong ini berisi bakso lalu ada kupat yang sudah dipotong bentuk dadu, ditambah iga sapi, dan dibanjur kaldu kuah sapi yang disimpan didalam gentong. Sehingga rasa dari bapatong semakin khas dan lebih enak dimakan tepat saat siang hari atau cuaca mendung di Bogor.

7. Laksa Bogor

Laksa-Bogor

Laksa juga dikenal di daerah Betawi, tapi di Bogor ada yang beda dan unik, laksanya menggunakan oncom sebagai bagian uniknya. Selain itu bukan mie yang dipilih, melainkan bihun, tekstur tampilan laksanya memang sedkit kasar, karena menggunakan parutan kelapa, yang rasanya jadi gurih. Ada tampahan tahu kuning, serundeng, dan telur rebus sebagai penikmatnya.

8. Es pala

Es-pala

Ingin yang segar dan dapat dinikmati saat haus. Anda harus segera mencari kuliner bogor satu ini, es pala. Nah es ini terbuat dari bahan irisan pala, juga ditam garam dan gul pasir. Bahan tersebut direbus, lalu diangkat dan disajikan dengan es.

Es pala, menjadi sangat terkenal, karena khasiatnya yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh seperti menghilangkan insomnia, Anda yg sedang sakit saat sedang satang bulan, pencernaan yang terganggu, sampai rasa mual karena perjalanan panjang.

9. Makaroni panggang

Makaroni-panggang

Nah jika ingin makanan yang sangat kebarat-baratan, bogor juga punya makanan khas Makaroni schotel. Bahan makanannya makaroni, yang nanti dipasak dengan cara dipanggang setelah makroni sebelumnya direbus.

Rasanya kering diluar, namun lembut dibagian dalam schotelnya. Ada tiga macam penyajian small, medium dan large agar Anda bisa memilih ukuran manan yang bisa dimakan.

10. Ubi bakar cilembu

Ubi-bakar-cilembu

Anda yang menikmati pemAndangan alam, sambil kedinginan saat memasuki daerah puncak pass.Nah wisata Bogor yang populer sekali saat memasuki tahun baru ini, semakin seru jika ditemani ubi cilembu.

Penual ubi biasanya ada disekitar daerah puncaknya. Ubinya direbus sempurna, sampai matang sempurna dan memiliki rasa manis yang sempurna.

11. Mie golosor

Mie-golosor

Jika Anda suka dengan jenis-jenis mie, maka menikmati makanan khas Bogor yang satu ini sangat wajin. Ini adalah mie dengan warna oranye, biasanya disajikan bersama sayuran, mienya dibuat dari bahan tepung singkong dan kunyit, yang membuat tumis mienya menarik.

12. Bakso setan

Bakso-setan

Jika Anda mau uji nyali bersama teman, nah Anda bisa datang ke pertigaan taman safari puncak bogor, didaerah Cimanggu. Anda bisa merasakan bakso dengan tampilan ukuran yang jumbo sampai-sampai penyajiannya dilakukan secara terpisah antara bakso dan kuah juga mienya.

13. Ceker ranjau

Ceker-ranjau

Suasana yang dingin di Bogor akan nikmat saat disajikan makanan khas yang pedas. Seperti ceker yang dibanjur dengan bahan bumbu kuah kari pedas ditambah dengan nasi putrih. Biasanya dijual di saat jam pulang kantor, sehingga rasa penat setelah bekerja hilang.

14. Pangsit pengantin

Pangsit-pengantin

Nah makanan khas bogor selanjutnya ialah pangsit pengantin, Anda akan disajikan pangsit, bihun, dengan ayam cincang, ada irisan daun bawang, rolade, ditampilkan seperti bakso. Kabarnya pangsit pengantin ini awalnya hanya disajikan untuk para pengantin muda atau pasangan yang sedang dimabuk asmara loh.

15. Strudel bogor

Strudel-bogor

Ini adalah jenis makanan khas kue yang dibuat dari hasil kreativitas masyarakat bogor yang kekinian. Tampilan dan sajiannya berasal dari kue strudel dan asinan khas bogor. Sehingga rasanya ada manis, segar, asam, pedas. Nah kuenya juga tahan lama, sehingga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh orang rumah.

Baca juga: Inilah Deretan Ciri-ciri Hamil Muda yang Perlu Perempuan Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *