4 Bisnis Rumahan Bermodal Kecil dengan Untung Besar, Penasaran?

WartaBunda.com – Memiliki bisnis sendiri merupakan impian setiap orang. Dengan bisnis pribadi tersebut, kita bisa menjual barang atau jasa yang memang sesuai dengan minat kita. Dan salah satu ide bisnis pribadi tersebut adalah usaha atau bisnis rumahan bermodal kecil.

Untuk memulai bisnis rumahan tidaklah memerlukan modal yang besar, terlebih apabila modal yang dimiliki pas-pasan. Jadi apabila saat ini kamu ingin membuka bisnis sendiri dan terkendala pada segi modal, artikel kali ini akan membahas tentang referensi bisnis rumahan bermodal kecil.

Tak perlu banyak kata lagi, mari kita simak apa saja 4 referensi bisnis rumahan bermodal kecil yang bisa kamu coba.

1. Handmade Product

Jika kamu memiliki keahlian merajut atau sering membuat kerajinan tangan seperti tas lukis, menjahit, dan membuat buku edukatif anak, maka keahlian tersebut bisa Anda coba untuk komersialkan.

Sudah ada banyak cerita kesuksesan sebuah usaha yang berawal dari hobi membuat kerajinan tangan. Bermodalkan kreativitas dan niat yang konsisten, bisnis rumahan kreatif seperti ini dapat menghasilkan profit yang besar untuk kamu. Bahkan orang-orang berani membayar mahal lho apabila produk yang dihasilkan tergolong menarik. 

Untuk memasarkannya kamu bisa memanfaatkan media sosial. 

2. Warkop atau Warung Kopi

Belakangan ini warung kopi sedang menjamur dijadikan bisnis rumahan oleh masyarakat Indonesia. Terlebih dengan banyaknya produsen kopi berkualitas yang ada di Indonesia, semakin mempermudah kamu apabila ingin mencoba bisnis yang satu ini.

Kamu bisa memulai dengan membuka warung kopi dengan konsep sederhana sembari mengeksplorasi target pasar yang ingin dituju. Ingin membuka warung kopi dan angkringan seperti di Kota Yogyakarta? Bisa banget! Pastikan kamu membuka warungnya di tempat yang banyak dilalu-lalangi orang banyak.

Baca juga: Kumpulan Artikel Terbaru Seputar Wanita dan Bisnis dari Popbela

3. Cemilan atau Minuman

Bisnis makanan atau minuman merupakan bisnis yang tidak ada matinya, karena setiap orang pastinya membutuhkan kedua hal tersebut.

Makanan ringan dan minuman segar bisa kamu jadikan sebagai pilihan saat ingin membuka usaha rumahan. Kamu bisa menjadi pengusaha cemilan dengan hanya mengeluarkan modal sebesar Rp. 50 ribu hingga Rp. 100 ribu saja. Cara untuk memulainya adalah dengan membeli makanan ringan di grosiran kemudian dikemas sesuai dengan kreasi kamu. Untuk memasarkannya pun kamu bisa mencoba menggunakan media sosial atau memasarkannya di e-commerce.

4. Laundry

Laundry juga merupakan jenis usaha rumahan dengan modal kecil yaitu sekitar Rp. 5 hingga Rp. 10 juta. Untuk memulainya bisa dengan membeli terlebih dahulu beberapa mesin cuci dan juga peralatan menyetrika dan mencuci lainnya.

Apabila kamu tidak bisa mengerjakannya sendiri, kamu bisa mencari satu orang untuk meng-handle pekerjaan untuk di laundry yang kamu buka. Dengan begitu saja kamu sudah bisa menjalankan bisnis laundry dengan mudah dan nyaman.

Potensi bisnis ini sangat besar terlebih jika memiliki lokasi yang strategis dan menjanjikan misalnya saja dekat dengan banyak kos-kosan, kampus, sekolah, atau bahkan perkantoran. Bisnis laundry tidak akan pernah sepi, terlebih jika kamu dapat memberikan pelayanan yang baik serta pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut. 

Kesimpulan

Dari 4 referensi bisnis rumahan bermodal kecil di atas, semuanya terbilang mudah untuk dicoba dan diaplikasikan sendiri. Selain karena modalnya yang kecil, usaha yang Anda lakukan pun tidak terlalu besar. Asalkan dengan niat yang kuat dan juga konsistensi yang baik, dijamin bisnis tersebut akan berjalan lancar.

Selamat mencoba ya!

Baca juga: 5 Ide Usaha Makanan Ringan yang Menjanjikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *