Jarang Diketahui, Ternyata 4 Makanan Khas Bogor Ini Rasanya Nikmat Banget!

WartaBunda.com – Kuliner memang menjadi kebutuhan saat sedang berlibur bersama keluarga ke luar kota. Nah jika kalian ingin berlibur ke kota Bogor, ada banyak sekali makanan khas Bogor yang dapat kalian temukan.

Namun karena ada banyak sekali kuliner dari Kota Bogor, ada banyak makanan lainnya yang berlum terekspos luas dan tidak begitu dikenal.

Pada kesempatan kali ini, WartaBunda akan memberikan informasi seputar makanan khas Bogor yang belum terlalu diketahui namun rasanya amat nikmat. Simak selengkapnya ya!

1. Asinan Bogor

Makanan khas Bogor yang pertama adalah asinan. Memang banyak sekali jenis asinan dari berbagai daerah, namun asinan khas Bogor memiliki sensasi yang berbeda.

Asinan khas Bogor menjadi salah satu makanan yang sangat digemari masyarakat Bogor namun memang jarang dikenal orang dari luar daerah. Asinan khas Bogor juga memiliki dua jenis pilihan tergantung dari selera masing-masing yaitu asinan sayuran dan asinan buah.

Untuk rasa sendiri, asinan khas Bogor memiliki rasa asin dan pedas dengan kuah asinan yang menambah sensasi rasa menjadi berbeda. Asinan khas Bogor juga banyak dijual di berbagai penjuru kota Bogor jadi kalian tidak perlu kesulitan untuk mencarinya.

2. Pepes Sagu

Makanan khas Bogor selanjutnya adalah pepes sagu, jika biasanya bahan utama pepes adalah daging ikan, berbeda dengan pepes yang satu ini. Dari proses memasak makanan ini memang memiliki cara yang cukup sama dengan cara membuat pepes ikan namun yang membedakan yaitu bahan utamanya yaitu sagu. Tentu saja dari segi rasa makanan ini sangat berbeda dengan pepes ikan.

Pepes sagu juga dimasak dengan di bungkus menggunakan daun pisang sehingga menimbulkan aroma yang sangat khas. Makanan ini juga menjadi salah satu makanan tradisional yang sudah diturunkan sejak dahulu, untuk mencari makanan ini kalian harus mengunjungi tempat makan tradisional karena makanan ini memang cukup sulit untuk ditemukan.

3. Macaroni Panggang

Macaroni yang satu ini memiliki cara memasaknya yang unik jika biasanya macaroni dimasak dengan cara digoreng atau direbus, macaroni khas Bogor yang satu ini dimasak dengan cara dipanggang. Namun pada dasarnya makanan ini memang mirip sekali dengan macaroni schotel.

Macaroni panggang khas Bogor adalah salah satu jajanan favorit anak muda karena makanan ini memang sangat cocok dinikmati pada saat waktu nongkrong bersama teman-teman. Macaroni panggang memiliki rasa yang manis dan gurih dengan ditambah saus yang menjadikan rasa macaroni panggang semakin bervariasi. Untuk menemukan makanan ini sangat mudah karena banyak dijual di berbagai tempat di kota Bogor dengan harga yang terjangkau.

4. Es Bir Kotjok

Nah jika di atas sudah membahas soal makanan yang nikmat dan mengenyangkan, kali ini kita akan membahas soal minuman khas Bogor yang menyegarkan. Meskipun namanya adalah es bir kotjok namun minuman ini tidak sama sekali menggunakan bahan utama bir.

Minuman ini merupakan minuman legendaris khas Bogor. Bagaimana tidak, minuman ini sudah ada sejak tahun 1965 dan masih sangat populer sampai saat ini. Minuman ini memiliki rasa yang sangat bervariasi bagaimana tidak bahan minuman ini juga sangat bervariasi yaitu jahe, kayu manis, cengkeh, aren dan gula pasir. Minuman ini biasanya dijual mulai dari tempat makan hingga penjual di pinggir jalan dan kalian tidak perlu kesulitan untuk mencarinya, selain itu minuman ini juga memiliki harga yang terjangkau.

Nah itulah beberapa makanan khas Bogor yang belum banyak diketahui namun rasanya nikmat dan banyak digemari. Tertarik mencoba?

Baca juga: Makanan Khas Bogor Untuk Para Traveler Jaman Sekarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *