Ini Dia Beberapa Tips Untuk Mengatasi Anak Yang Sering Rewel

Anak yang sering rewel itu terkadang membuat orang tua menjadi panik, kewalahan, dan kesal. Rewel atau menangis merupakan bentuk ekspresi emosi yang dirasakan oleh seorang anak, hal ini mungkin karena anak tersebut sedang sakit atau karena sesuatu hal yang membuatnya merasa tidak nyaman.

Selain kita selaku orang tuanya yang merasa jengkel, tangisan dari si kecil yang rewel juga dapat membuat jengkel orang-orang disekitar lho! Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui tentang tips dan triknya dalam mengatasi anak yang sering rewel. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi tentang tips yang dimaksud tadi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Mengetahui Dan Memahami Keinginan Anak

Anak pada saat belum begitu lancar berbicara, dia akan menangis saat menginginkan sesuatu. Apakah karena dia haus, lapar, ingin buang air kecil maupun besar, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua harus mengetahui dan memahami sebenarnya apa yang diinginkan oleh si mungil. Kalau sudah tahu dan memahami apa yang diinginkannya, maka kita akan lebih mudah untuk menenangkannya kembali.

2. Pandai Untuk Membujuknya

Kita sebagai orang tua harus pandai-pandai dalam membujuk anak supaya tidak rewel. Misalnya pada saat anak rewel, bujuk dia supaya mau dibawa main keluar sehingga dia tidak rewel lagi, atau alihkan perhatiannya pada saat dia rewel. Dengan begitu, maka si kecil pun akan merasa lebih nyaman dan rewelnya nya pun akan segera mereda.

3. Cium Dan Peluk

Tips berikutnya yang harus anda coba untuk menenangkan si kecil yang sering rewel, yakni dengn mencium dan memeluknya. Mengapa harus demikian? Menurut para psikolog anak, ciuman dan pelukan dari orang tua terutama ibunya itu akan menenangkan hatinya sehingga dia akan berhenti menangis. Nah, apabila si kecil mulai rewel, maka bunda harus langsung mencium dan memeluknya dengan penuh kasih sayang.

4. Beri Ia Sesuatu Hal Yang Menarik

Serewel-rewelnya anak kecil, pasti ia akan dapat dibujuk oleh sesuatu hal yang dapat menarik perhatiannya. Ya, salah satu hal yang dapat menarik perhatiannya saat si kecil sedang rewel, yakni dengan memberikannya kejutan kecil berupa camilan-camilan khas anak-anak.

5. Menakut-nakutinya

Pada dasarnya, tips yang terakhir ini sangat tidak dianjurkan bagi orang tua untuk mengatasi anak yang sering rewel. Mengapa demikian? Pasalnya, cara yang satu ini bisa menanamkan rasa takut kepadanya, sehingga ia akan tumbuh menjadi anak yang penakut.

Namun, apabila cara-cara yang diatas tadi tidak mempan untuk menenangkan si kecil yang rewel, maka dengan terpaksa kita harus menenangkannya dengan cara yang satu ini. Saat ia mulai rewel, coba anda takuti ia dengan cerita-cerita yang menyeramkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips untuk mengatasi anak yang sering rewel. Sebenarnya, masih ada lagi tips untuk mengatasi anak sering rewel yang belum tersampaikan. Berhubung keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *