Berbagai Cara Membuat Anak Cepat Bisa Baca

wartabunda.com – Mengajarkan anak membaca memang bukan hal yang mudah. Anda harus telaten dan juga sabar. Kalau anda tidak sabar, dan memakai emosi bisa-bisa anak anda menjadi malas belajar membaca. Kemudian anda jangan buat patokan anak orang lain yang sudah bisa membaca. Perkembangan anak berbeda-beda. Ada anak yang umur 4 tahun sudah bisa, ada anak umur 7 tahun baru bisa. Jadi perkembangan anak anda berbeda-beda. Dengan menanamkan pikiran tersebut akan membuat anda tidak memaksakan dalam mengajarkan membaca. Jika anda memaksa dalam mengajarkan membaca maka yang ada anak anda akan trauma dalam belajar membaca. Berbagai cara berikut ini bisa anda tiru untuk membuat nak cepat bisa baca.

1. Membaca Buku Bersama

Anak yang bisa baca tentunya bukan hanya dari sekolah. Anak yang bisa membaca terkadang dari kegigihan anda untuk terus berusaha membuatnya membaca. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku bersama. Anda bisa membaca buku sebelum tidur malam atau tidur siang. Jadi sambil membaca buku, anda sambil menunjuk kata dan menyuruh anak membaca. Anda ucapkan dahulu atanya. Nah dengan sering membaca buku bersama, anak anda akan terbiasa dengan kata yang dia lihat. Jadi pola kata tersebut sudah tahu. Meskipun begitu, anda jangan membaca terlalu terburu-buru. Sebaiknya anda membacanya perlahan saja. Jika anda membaca secara perlahan dan pelan-pelan.

2. Kenalkan Huruf Besar dan Kecil

Cara kedua untuk membuat anak anda bisa cepat membaca adalah dengan mengenalkannya dengan huruf besar terlebih dahulu dan baru huruf kecil. Anda bisa kenalkan dengan huruf besar dengan berbagai cara. Anda bisa menempelkan poster huruf yang berisi huruf besar dan huruf kecil. Nah kemudian anda mulai menyanyikan lagu abjad Bahasa Indonesia dahulu agar anak anda bisa baca Bahasa Indonesia dengan mudah. Nah kemudian anda bisa mengulang terus abjadnya secara berurutan. Diusahakan untuk mengajarkan huruf besar terlebih dahulu. Setelah itu baru ajarkan huruf kecil. Hal tersebut agar anak anda tidak bingung.

Baca Juga: Tips Tumbuh dan Kembang Anak Usia 5 Tahun

3. Bermaianan Permainan Yang Berhubungan Dengan Huruf

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan dalam mengajarkan anak membaca adalah dengan melakukan permainan yang berhubungan dengan huruf. Jadi anda bisa mulai dengan bermain Go dan Stop. Jadi misalnya anda gunakan poster abjad yang menempel. Lalu gerakan tangan anda dan anak anda bilang Go. Kalau Go berarti berjalan dan kalau bilang Stop berarti berhenti di salah satu huruf. Nah anak anda disuruh menebak huruf apa itu. Lakukan terus menerus sampai anak anda bisa dan hafal. Dengan jenis permainan seperti ini, anak tidak akan menghafal berdasarkan urutan lagu. Anak juga akan menghafal secara acak. Kemudian untuk membedakan huruf besar dan kecil. Gunakan permainan tarik garis. Jadi sebelah kanan huruf besar dan kiri huruf kecil. Kemudian anak anda disuruh memasangkan huruf besar dan huruf kecil sesuai abjadnya.

4. Ajarkan 1 suku kata dahulu

Cara keempat untuk membuat anak anda bisa membaca adalah dengan mengajarkan suku kata dahulu. Jadi anda bisa mengajarkan 1 suku kata dahulu seperti ba-bu-bi-be-bo dan lainnya. Nah dengan begitu anak anda akan terbiasa. Setelah bisa 1 suku kata baru anda gabungkan dengan suku kata lainnya yang akan membentuk sebuah kata. Lakukan terus menerus metode seperti ini.

Itulah 4 cara mengajarkan anak membaca yang bisa anda terapkan. Ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *