Berikut Ini Manfaat dan Cara Memijat Bayi Yang Benar dan Aman

Dalam artikel tentang bayi kali ini akan membahas tentang cara pijat bayi yang benar aman untuk si kecil. Karena banyak sekali manfaat yang diperoleh dari memijat bayi, salah satunya adalah untuk membangun ikatan batin yang lebih kuat antara ibu dan sang bayi.

Bukan hanya itu, dengan memijat bayi juga bisa merangsang perkembangan dan pertumbuhan bayi. Walaupun begitu, jika pijatan tersebut dilakukan secara tidak baik dan benar justru bisa berakibat buruk terhadap kesehatan bayi.

Lalu bagaimana cara memijat bayi yang baik dan benar itu?

Manfaat Memijat Bayi

Sebenarnya cara memijat bayi yang baik dan benar itu bisa dilakukan dengan membaca atau berkonsultasi dengan tenaga kesehatan seperti dokter maupun bidan.

Sebelum mengetahui cara memijat bayi yang baik dan benar, mari kita simak manfaat dari memijat bayi itu sebagai berikut:

  • Bayi akan merasa aman dan nyaman karena bersentuhan dengan orang tua secara langsung
  • Saluran pencernaan bayi akan lancar yang berdampak pada nafsu makan
  • Peredaran darah menjadi lancar
  • Membangun ikatan batin yang kuat antara ibu dan bayi
  • Mengetahui pertumbuhan dan perkembangan fisik bayi

Baca juga: Bolehkah Berhubungan Saat Hamil Muda? Ini Dia Bahayanya!

Cara Pijat Bayi Yang Baik, Aman, dan Benar

  1. Sebaiknya pijat bayi dilakukan secara rtin setiap hari pada waktu 5 menit sebelum mandi.
  2. Pastikan bayi sedang dalam kondisi sadar dan tidak lapar atau mengantuk. Karena kalau kondisi bayi sedang mengantuk atau lapar biasanya bayi akan rewel saat dipijat.
  3. Perhatikan kondisi kuku ibu. Dalam hal ini, sebaiknya kuku ibu jangan terlalu panjang karena dikhawatirkan bisa melukai tubuh bayi secara tidak disengaja.
  4. Hindari memijat bayi sesudah makan atau menyusui karena bisa meningkatkan resiko gumoh atau muntah.
  5. Siapkan alat yang dibutuhkan seperti handuk dan pakaian bayi. Gunakan handuk atau kain lembut sebagai alas pijat bayi supaya terasa nyaman.
  6. Perhatikan suhu ruangan dan cahaya, jaga suhu ruang supaya tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Begitu juga dengan pencahayaan, pastikan pencahayaan tidak terlalu terang atau terlalu redup.
  7. Gunakan baby oil atu minyak telon, dan pastikan minyak yang digunakan tidak menimbulkan alergi pada tubuh bayi.
  8. Mulailah pijat dari area kaki. Cara memijat kaki bayi adalah luruskan kedua kaki bayi, lalu pijat area kaki dimulai dari paha hingga ke pergelangan kaki, begitu juga gerakan sebaliknya. Kemudian tarik jari-jari bayi dengan lembut lalu tekan secara lembut area telapak kaki dan punggung kaki bayi.
  9. Perhatikan cara memijat tangan bayi. Cara memijat tangan bayi yang baik adalah luruskan salah satu tangan bayi, lalu pijat tangan bayi ,ulai dari bahu hingga pergelangan tangan begitupun sebaliknya. Kemudian tarik jari-jari bayi dengan lembut lalu tekan secara lembut area telapak tangan bayi.
  10. Perhatikan cara memijat dada bayi. Caranya adalah dengan membuat simbol hati dimulai dari bagian bawah. Lalu buat pijat dengan arah menyilang dari bawah hingga ke bagian bahu.
  11. Perhatikan cara memijat punggung bayi. Caranya adalah pastikan bayi sudah dalam posisi tengkurap, arahkan tangan ke arah leher meluncur ke arah pantat bayi. Buat gerakan melingkar pada area otot disamping tulang punggung.
  12. Perhatikan cara memijat perut bayi. Caranya adalah dengan gerakan I Love You atau yang dikenal ILU.
  13. Perhatikan cara memijat wajah bayi. Caranya adalah tekan jari mulai dari arah kening hingga ke pipi. Lalu pijat area alis dengan kedua jari, buat garis dari arah hidung ke arah pipi, buat gerakan menarik bibir dan rahang bayi seperti senyuman.

Mudahkan? Nah, bagi anda yang memiliki bayi bisa mempraktekannya secara langsung di rumah. Selamat mencoba.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Supaya Tidak Manja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *