Bagaimana Sih Cara Membuat Anak Remaja Betah Di Rumah? Ini Dia Caranya

Seperti yang kita ketahui, bahwa pergaulan anak remaja jaman sekarang ini semakin hari sudah semakin mengkhawatirkan saja. Ya, mereka ini begitu akrab dengan pergaulan yang cenderung negatif seperti free sex, drug, tawuran, miras, dan sebagainya. Dalam pergaulan bebas tersebut, biasanya kebanyakan yang menjadi korban itu adalah anak remaja perempuan. Sebagai orang tua, tentu saja kita tidak boleh hanya berdiam diri saja.

Pada dasarnya, pergaulan di luar rumah memang ada manfaatnya seperti meningkatkan kecerdasan, keterampilan, serta bersosialisasi. Namun pada kenyataannya, pergaulan para remaja diluar lingkungan rumah itu sangat mengkhawatirkan, sebab kita tidak bisa mengawasinya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan agar anak-anak menjadi betah berada didalam rumah? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya tentang tips agar anak menjadi betah di rumah, mari kita sama-sama simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Membuat Suasana Rumah Menjadi Senyaman Mungkin

Rumah yang mewah dan megah serta dipenuhi dengan barang-barang yang mahal, sama sekali tidak menjamin akan terciptanya suasanya yang nyaman didalam rumah. Ya, percuma saja memiliki rumah mewah dengan dipenuhi barang antik, namun kehidupan keluarganya tidak selalu harmonis. Yang dimaksud dengan rumah yang nyaman itu, yakni sebuah rumah yang didalamnya itu di penuhi dengan penuh rasa kasih sayang.

2. Selalu Meluangkan Waktu Untuk Anak

Salah satu penyebab anak tidak betah di rumah adalah, dia merasa kurangnya perhatian dari kedua orang tuanya. Sesibuk apapun rutinitas orang tua diluar rumah, usahakan agar anda untuk selalu meluangkan waktu bersamanya. Meski pun hanya beberapa menit saja, namun hal itu sangatlah berarti untuk sang anak. Dengan begitu, ia akan merasa lebih diperhatikan sehingga lebih betah berada didalam rumah.

3. Menjadi Pendengar Yang Baik

Adakalanya kita tidak terlalu menanggap apa yang dicurahkan oleh sang buah hati, tentang berbagai permasalahan yang dihadapinya. Apabila hal itu terus terjadi, maka ia akan merasa bahwa dirinya merasa tidak diperhatikan oleh kedua orang tuanya. Jika sudah demikian, maka jangan heran jika ia akan lebih sering berada diluar rumah ketimbang berada didalam rumah. Oleh karena itu, anda sebagai orang tuanya harus bisa menjadi pendengar yang baik bagi anak-anak.

4. Harus Bisa Menjadi Sahabatnya

Dalam rangka menjaga kedekatan antara hubungan orang tua dengan anaknya, anda tidak hanya cukup bertindak sebagai orang tuanya saja, melainkan harus bertindak sebagai sahabatnya juga. Mengapa bisa demikian? Soalnya, hal itu bertujuan untuk memecahkan rasa canggung antara hubungan anak dengan kedua orang tuanya.

Dengan bertindak sebagai seorang sahabatnya, maka si anak pun tidak akan merasa canggung lagi kepada orang tuanya. Dengan demikian, ia pun akan lebih dekat dengan keluarga dan merasa lebih betah berada didalam rumah.

Itulah beberapa tips yang ampuh untuk membuat anak remaja menjadi lebih betah berada didalam rumah. Mengingat keterbatasan waktu yang ada, maka perjumpaan kita pada kesempatan kali ini hanya cukup sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *