Berbagai Cara Mengenalkan Anak Tentang Berbagi

Advertisements

wartabunda.com РSebagai orang tua kita memang harus melakukan banyak hal untuk mendidik anak menjadi orang hebat. Salah satu hal yang harus anda didik adalah cara bagaimana harus berbagi. Dengan mengenalkan anak tentang berbagi. Anak anda akan menjadi anak yang rendah hati dan selalu menolong sesama. Anak juga akan menjadi anak yang tidak boros dan akan hidup hemat. Hidup hemat dengan berbagi akan membuat anak bersyukur setiap saat. Mengajarkan anak bagaimana berbagai memang tidak hanya dengan penjelasan atau teori. Anda harus mencontohkannya dengan baik. Bahkan jika perlu anda lakukan setiap harinya. Selain mencontohkan dengan benar anda juga sebaiknya mempraktekkan beberapa cara berikut ini untuk mengenalkan anak tentang berbagi. 

1. Mengantri

Hal pertama yang bisa anda ajarkan ke anak anda bagaimana berbagai adalah dengan mengantri. Memang terlihat sepele dan tidak ada gunanya. Namun tahukah anda dengan mengajarkan mengantri, anak akan tahu apa artinya berbagi waktu dan menjadi orang yang sabar. Mengantri saat membeli makanan atau membeli tiket. Hal yang paling sering mungkin mengantri di kasir minimarket saat membeli kebutuhan sehari-hari. Apalagi anak biasanya tidak sabar ingin membawa mainan atau makanan yang mereka sukai. Nah disinilah peran anda dalam mengajarkan anak tentang mengantri. Dengan mengantri, anak juga akan paham apa arti dari berbagi.

2. Share Benda

Share dalam Bahasa Indonesia tentu artinya adalah berbagi. Share dengan sesama di dunia ini adalah hal utama. Nah untuk anak, anda bisa ajarkan dari hal yang kecil. Share benda bersama di rumah. jadi misalnya anak anda punya benda kesayangan di rumah, nah anda ajarkan untuk berbagi bersama anda pemakaiannya. Anda juga begitu terhadap anak anda. anda punya barang atau benda, pakai bersama anak anda. dengan hal kecil ini, anak akan terbiasa dan juga membawanya sampai dewasa. Dengan begitu anak akan paham sekali makan berbagi.

Baca Juga: Kenali 4 Gaya Pengasuhan Orang Tua, Anda Termasuk yang Mana?

Advertisements

3. Makan Bersama-Sama

Hal ketiga yang juga kecil namun besar maknanya dalam mengajarkan berbagai. Mengajarkan berbagai dengan hanya makan bersama-sama bisa anda lakukan. Jadi anda makan bersama anak anda. lalu anda ambil lauk yang berbeda dengan anak anda. Saat itu anda bisa ajarkan anak anda tentang berbagi dengan memberinya makanan yang anda miliki beberapa potong. Kemudian anda ingin potongan makanan anak anda. Anda bisa mulai jelaskan makna berbagi. Tidak hanya saat makan di luar rumah saja. Saat makan di rumah, anda juga bisa makan bersama dan mengajarkan tentang berbagi. Anda bisa buatkan masakan atau cemilan kesukaan dan mencicipinya. Anak juga tidak akan pelit dengan cara ini.

4. Bermain Bersama Teman

Hal keempat yang wajib anda lakukan untuk mengajarkan anda tentang berbagai dengan bermain bersama teman. Bermain bersama teman bisa membuat anak anda tahu makna berbagi yang sesungguhnya. Dikarenakan tidak semua anak memiliki mainan yang anak anda punya. Nah ketika anak tersebut akan meminjam anda ajarkan tentang berbagi. Anak yang bermain bersama anak anda juga pasti dari latar belakang yang berbeda. Jadi anda bisa ajarkan tentang berbagi. Nah anda bisa bawa anak anda juga ke lingkungan yang berbeda dengan lingkungan rumah anda. anda juga bisa membawa anak anda ke panti asuhan untuk lebih mengajarkannya tentang makna berbagi yang sesungguhnya.

Itulah beberapa cara mengenalkan anak untuk berbagi yang bisa anda ajarkan pada anak sejak usia dini. Agar karakternya mudah untuk terbentuk

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *