Mengenal Read Aloud, Metode Seru Untuk Tumbuhkan Minat Membaca Anak

Advertisements

Read Aloud merupakan salah satu metode membacakan buku cerita untuk anak. Tetapi bukan hanya sekedar membaca dongeng anak saja. Read Aloud ini memakai suara yang jelas dan lebih nyaring. Metode membacakan cerita dengan memakai suara kencang tersebut sangat baik diterapkan kepada anak-anak dari sejak dini. Karena ada beberapa manfaat bisa didapatkan dari read aloud. Terdapat beberapa manfaat dari metode ini yaitu penting untuk segi perkembangan anak. Metode satu ini bisa menstimulasi otak agar berkembang maksimal, lalu dapat memperkenalkan anak kemampuan dasar yaitu mendengarkan.

mengenal read aloud, metode seru untuk tumbuhkan minat membaca anak

Metode ini memberikan momen penting juga untuk anak dan orang tua. Momen penting ini mengharuskan orang tua fokus bercerita ke anak saja. Perkembangan otak si anak terjadi saat umur 0 hingga 6 tahun, membiasakan membaca harus dilakukan segera. Selain dapat menjadi contoh buat anak-anak, membaca nyaring ini sebenarnya dapat memberikan lebih banyak manfaat. Agar lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa manfaat jika orangtua memakai read aloud untuk anaknya.

  • Melatih pendengaran¬†

Jika membacakan cerita memakai suara nyaring, maka otomatis read aloud ini bisa membuat anak akan mendengarkan cerita serta belajar mengenal intonasi, jeda dan volume suara. Maka dari itu, pada saat sedang membacakan cerita, orang tua sebaiknya ikut tanda baca dan lebih sering berekspresi.

  • Menstimulasi otak buah hati

Anak-anak jika dibiasakan dengan dibacakan buku, saraf otaknya bisa terangsang dan saling terhubung. Tentu hal seperti ini sangat penting agar bisa mendukung perkembangan bahasa serta imajinasinya.

  • Merangsang imajinasi¬†

Tak berbeda jauh dibandingkan mendongeng, dengan membacakan buku bisa juga merangsang anak mengembangkan imajinasinya.

Advertisements

  • Terdapat quality time

Biasanya dengan momen membacakan dongeng atau cerita seperti ini dilakukan pada aat menjelang tidur dan bisa saat waktu luang lain. Dengan membacakan dongeng, maka bisa makin membangun kedekatan. Anak bisa merasa dekat bersama orang tuanya. Hasilnya juga bisa menimbulkan perasaan lebih nyaman kepada si buah hati. Di pikiran anak, ia akan mengasosiasikan kegiatan membacanya dengan perasaan nyaman.

  • Mampu melatih mengingat dan perhatian

Saat orang tua membacakan dongeng cerita, maka anak berlatih mendengarkan dan juga menyimak lebih baik. Hal ini akan membantu si anak berkonsentrasi.

Rekomendasi Waktu Yang Tepat Menerapkan Cara Read Aloud

Pada saat anak berusia emas yaitu 0 sampai 5 tahun, maka anak bisa menyerap sangat cepat. Potensi sedemikian hebat tersebut perlu dimanfaatkan untuk mengenalkan si anak kegiatan membaca usia dini. Hal ini bukan menjadi masalah, asal caranya tak membuat si anak stress atau terbebani harus dapat membaca. Hal yang dilakukan bukanlah membuat anak mampu membaca, tetapi membuat anak lebih suka membaca. Metode seperti Read aloud bisa dimulai lebih awal, semakin dini diperkenalkan buku, hasilnya bisa semakin optimal untuk upaya menumbuhkan ketertarikan anak terhadap buku.

Bonusnya si anak bisa membaca sendirinya lebih cepat. Read Aloud dapat dilakukan juga di mana pun dan kapan pun itu. Bisa dilakukan di rumah, ketika hendak tidur, saat perjalanan, menunggu kereta api, dan menunggu antrian. Hal yang harus diperhatikan yaitu frekuensi dan juga konsistensi read aloud ini. Rutinitas merupakan kunci utama keberhasilan yang harus diingat. Sementara manfaat dari read aloud yang jelas ialah membangun keterampilan melalui pengenalan intonasi dan bunyi. Hasilnya akan mendukung kemampuan mendengar, membaca, berbicaradan menulis. Selain itu, Read Aloud membantu juga si anak menambah koleksi kosa kata. 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *