Advertisements

Apabila rambut Anda mengalami kerontokan saat sedang menyusui, ini disebabkan oleh faktor hormonal yang merupakan proses yang normal. Ibu yang sedang menyusui dapat terjadi selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Pastinya ada cara yang ampuh mengatasi rambut rontok saat menyusui.

mengatasi rambut rontok saat menyusui

Rambut rontok biasanya terjadi ketika bayi sedang berusia 3 bulan, saat ibu sedang memberi ai susu ibu (ASI) eksklusif kepada anaknya. Mungkin Anda saat ini sedang mengalami kerontokan saat menyusui dan sedang mencari cara untuk mengatasinya, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengatasi Rambut Rontok saat Menyusui

Proses alamiah yang menyebabkan kerontokan saat menyusui ini tidak dapat Anda cegah. Terkadang rambut rontok yang sampai mengganggu aktivitas dan penanmpilan secara keseluruhan, makan Anda membutuhkan perawtan berikut ini.

  • Memperhatikan pola makan

Kesehatan rambut menjadi rusak dapat diakibatkan oleh pola makan yang tidak sehat pada ibu menyusui. Untuk mengatasi rambut rontok pada ibu menyusui dapat diatasi dengan mengkonsumsi ubi dan wortel yang kaya akan kandungan beta karoten, sayuran daun hijau karena kandungan vitamin C dan zat besinya, telur dengan kandunga vitamin D dan ikan yang kaya akan omega-3 dan magnesium.

  • Penataan rambut sederhana

Saat menyusui, Anda harus menghindari penataan rambut dan penggunaan alat penataan rambut dengan pemanas seperti pengeriting, catok dan hair dryer untuk menghindari rambut rontok yang semakin berlebihan. Anda juga harus memperhatikan cara menyisir rambut dengan cara perlahan dan lembut agar akar-akar rambut tidak tertarik terlalu kencang.

  • Menggunakan sampo khusus

Sebaiknya Anda menggunakan sampo dengan kandungan conditioner yang mampu memberikan kesan rambut lebih sehat dan menambah volume.

  • Hair Tonic

Selain sampo yang tepat, kerontokan rambut juga dapat dicegah dengan menggunakan hair tonic pada ibu yang sedang menyusui.

Advertisements

  • Konsumsi Vitamin B3

Kekurangan aupan vitamin B3 dapat menyebabkan munculnya penyakit pellagra. Timbulnya penyakit pellagra ditandai dengan adanya rambut rontok.
Hal ini didasarkan oleh penelitian dari Dermatology Practicial dan Conceptual, yang apabila Anda memenuhi asupan vitan B3 dapat menghindari kerontokan rambut saat menyusui.

  • Konsumsi Vitamin B2 atau Riboflavin¬†

Saat menyusui, rambut rontok dapat diatasi dengan vitamin riboflavin atau vitamin B2. Menurut hasil penelitian dari Dermatology dan Therapy, tubuh hanya menyimpan sedikit kandungan vitamin B2 di dalam tubuh. 

Kekurangan akan kandungan vitamin ini akan berdampak pada kerontokan rambut, sehingga disarankan Anda untuk mengkonsumsi asupan B2.

  • Konsumsi Vitamin B7 atau Biotin

Apabila ibu menyusui mengalami kekurangan vitamin B7 atau Biotin dapat ditandai dengan ciri-ciriberupa ruam pada kulit, kuku rapuh dan rambut rontok. Sehingga Anda disarankan untuk memenuhi asupan biotin tetap terpenuh.

  • Vitamin D

Vitamin D dapat berperan pada foliker rambut yang dapat mengatasi rambut rontok pada ibu menyusui. Sehingga Anda disarankan untuk melengkapi asupan vitamin D untuk menjaga kesehatan rambut.

  • Konsumsi Vitamin C

Vitamin C yang berfungsi sebagai agen antioksidan daoat membantu ibu menyusui untuk mengatasi rambut rontok. Vitamin C dapat menangkal radikal bebas dan stres oksidatif, dan juga mampu menyerap zat besi yang membantu pertumbuhan rambut.

  • Memenuhi Asupan Zat besi

Ketika tubuh atau rambut kekurangan oksigen, maka rambut akan menjad rapuh dan kering sehingga menyebabkan kerontokan. Zat besi berfungsi untuk mengangkut oksigen dalam darah, sehingga Anda harus mencukupi asupan zat besi saat menyusui.

Baca Juga : Makanan Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar Dan Berkualitas

Penutup

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa mengatasi rambut rontok saat menyusui bukan menjadi masalah kesehatan yang diperlukan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Sehingga Anda bisa mencoba cara-cara di atas untuk mengatasi masalah kesehatan rambuta Anda.

Advertisements