Inilah Arti Mimpi Rambut Rontok Yang Harus Kamu Tahu!

wartabunda.com – Mimpi merupakan sebuah cerita dan gambaran dalam benak yang tercipta saat seseorang tertidur. Ya, mimpi tersebut bisa terasa sangat nyata dan membuat kita merasa senang, sedih, hingga ketakutan. Tak hanya itu, bahkan mimpi juga bisa terasa membingungkan atau terkadang bisa dipahami,Begitu Pula dengan mimpi rambut rontok yang ternyata ada artinya. Menurut para peneliti, terapi mimpi yang paling terasa nyata itu terjadi pada fase REM (Rapid Eye Movement), yang merupakan otak paling aktif. Tak hanya itu, para peneliti juga mengatakan jika seseorang bisa bermimpi sebanyak 4 – 6 kali per malamnya. 

Lantas, Mengapa Manusia Bisa Bermimpi?

Ada berbagai teori yang menjelaskan mengapa manusia bisa bermimpi, namun tidak ada yang tahu secara pastinya. Bahkan, ada beberapa dari penelitian yang menyebutkan bahwa mimpi tidak mempunyai makna yang berarti. Dengan kata lain, mereka beranggapan jika mimpi ini hanyalah aktivitas tidak masuk akal bagi otak yang tengah beristirahat. 

Kendati demikian, ada juga sebagian peneliti yang mengatakan bahwa mimpi sangat bermanfaat untuk kesehatan mental, emosional, dan fisik. Studi telah menyimpulkan betapa pentingnya sebuah mimpi untuk ksehatan seseorang. Pada studi tersebut, para peneliti membangunkan subyek pada saat mereka baru akan masuk ke tahap REM. Adapun mengenai beberapa gejala yang ditemukan pada subjek seperti:

– Tekanan yang meingkat

– Kecemasan

– Depresi

– Kesulitan Konsentrasi

– Kurangnya Koordinasi motorik

– Peningkatan berat badan

– Kecenderungan halusinasi. 

Teori Mimpi Dari Sigmund Freud

Berdasarkan teori dari Sigmund Freud, yang mnenyebutkan bahwa mimpi merupakan bentuk perwakilan dari keinginan, pikiran, dan motivasi yang tidak disadari. Selain itu, Freud juga menyebutkan jika mimpi ini bisa dilihat dari aspek kepribadian, seseorang didorong oleh naluri agresif, dan seksual yang ditekan serta kesadaran. 

Akan tetapi, pikiran-pikiran tersebut tidak dapat diungkapkan secara sadar, sehingga Freud menyarankan agar kita menemukan jalannya ke dalam kesadaran melalui mimpi yang kita alami. Dalam bukunya yang berjudul The Interpretation of Dreams, Freud menuliskan jika mimpi adalah “Pemenuhan keinginan yang terpendam”. Tak hanya itu. Freud pun menggambarkan dua komponen mimpi berbeda yang terdiri dari konten manifest dan konten laten. Konten manifest terdiri dari gambar, pikiran, dan konten actual yang terkandung dalam mimpi. Lain halnya dengan konten laten yang mewakili arti psikologis tersembunyi dari mimpi tersebut. 

Teori Mimpi Dari J. Allan Hobson dan Robert McClarley

Pada tahun 1977 silam, J. Allan Hobson dan Robert McClarley membuat teori tentang mimpi yang bernama Activation Synthesis Model of Dreaming. Menurut terori tersebut, sirkuit dalam otak akan diaktifkan selama tidur REM yang dapat menyebabkan area system limbic ikut terlibat dalam emosi, sensasi, serta kenangan, termasuk juga amigdala dan hippocampus dan semuanya menjadi aktif. 

Proses selanjutnya, maka otak akan mesnsintesis dan juga menafsirkan aktivitas internal tersebut, serta beruaya untuk menemukan arti dalam sinyal-sinyal ini yang menghasilkan mimpil. Proses ini akan memperlihatkan bahwa mimpi adalah interpretasi subyektif dari sinyal yang diciptakan oleh otak selama tidur. Tak hanya itu, pada teori ini pun menunjukkan jika mimpi adalah hasil dari sinyal dihasilkan secara internal. Lebih tepatnya lagi, Hobson percaya bahwa mimpi pada seseorang itu pasti memiliki makna tersendiri. 

Bahkan, Hobson mengatakan jika mimpi itu adalah “keadaan sadar kita yang paling kreatif, dimana kekacauan, rekombinasi elemen kognitif yang spontan menghasilkan konfigurasi baru informasi dan ide-ide baru. Sedangkan sebagian besar dari ide-ide tersebut mungkin tidak masuk akal, atau bahkan jika beberapa produk fantastisnya benar-benar bermanfaat, waktu impian kita tidak akan sia-sia”.

Information Processing Theories

Information Processing Theories ini adalah salah satu teori utama yang menjelaskan mengapa seseorang tidur, yaitu bahwa tidur itu memungkinkan seseorang untuk menghimpun dan memproses semua informasi yang telah dikumpulkan pada hari sebelumnya. Mengingat akan hal itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa mimpi hanyalah produk sampingan atau bagian aktif dari pemrosesan informasi tersebut. Saat seseorang berurusan dengan banyak informasi serta kenangan disiang hari, maka pikirannya yang sedang tertidur itu akan menciptakan gambar, kesan, dan narasi untuk mengelola semua aktivitas yang terjadi di dalam kepala saat tertidur.

Baca Juga : Yuk, Ajarkan Buah Hati Tersayang Tidur Malam Sendiri!

Arti Mimpi Rambut Rontok: 

1. Merasa Khawatir Dengan Penuaan

Penuaan merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari oleh semua makhluk di dunia ini, termasuk juga manusia. Kondisi rambut yang rontok juga adalah konsekuensi ketika usia seseorang semakin tua. Itu sebabnya, mengapa masalah rambut kerap diidentikan dengan penuaan. Selain kerontokkan, warna rambut juga akan memutih atau abu-abu, mulai menipis, dan proses pertumbuhannya yang melambat. 

Terlebih untuk kaum wanita, dimana kerontokkan rambut ini adalah masalah yang cukup menakukan bagi mereka. Dengan demikian, maka tak heran jika arti mimpi rambut rontok kerap diartikan sebagai rasa ketakutan akan penuaan. Sebagian orang mulai merasa tua ketika usianya mendekati 30 tahun, karena mulai muncul gejala penuaan ringan. 

2. Sedang Merasa Cemas

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa arti mimpi rambut rontok itu ada kaitannya dengan rasa khawatir atau kecemasan. Meski bukan berarti takut bertambah tua, namun hal tersebut disebabkan oleh perasaan cemas. Arti mimpi rambut rontok tersebut merupakan pertanda, bahwa ada sesuatu yang menyebabkan rasa cemas dan berubah menjadi mimpi rambut rontok di malam hari. 

3. Kurang Percaya Diri

Kerontokkan pada rambut adalah lambang kehilangan daya tarik dan pesona pada seseorang. Mungkin, bisa jadi berat badan yang bertambah atau tidak ada waktu untuk mengurus diri sendiri akhir-akhir ini menjadi alasannya. Alhasil, pikiran bawah sadar kita mulai berpikir dan merasa tidak cantik lagi. Tanpa disadari, kondisi tersebut akan mengganggu serta muncul dalam mimpi yang berupa kerontokan rambut. Untuk mengetahui arti mimpi dari rambut rontoik, maka kita harus memiliki waktu sendiri guna mencari tahu tentang tampilan diri serta penampilan bekalangan ini. 

4. Membiarkan Sesuatu Atau Seseorang Pergi

Mimpi yang berdasarkan pada pikiran bawah sadar, tentu tidak semua orang mengartikan mimpi rambut rontoknya itu dengan keindahan maupun daya tarik diri. Ya, ada juga sebagian dari mereka yang mengartikan mimpinya tersebut sebagai kehilangan sesuatu atau seseorang. Ketika sedang tidur, kemungkinan otak sedang memberi tahu bahwa kita akan melepaskan sesuatu atau seseorang dari kehidupan kita. Pada intinya, mimpi tersebut mengharuskan kita agar bisa menerima keadaan. 

5. Kemungkinan Mengalami Stress

faktor lainnya yang membuat kita bisa mengalami mimpi buruk seperti kerontokkan rambut, yakni karena stress. Mungkin, belakangan ini kamu banyak pekerjaan sehingga membuat beban di otak semakin bertambah? Nah, faktor tersebutlah yang menyebabkan kamu mengalami mimpi rambut rontok saat tidur di malam hari. Begitulah arti dari mimpi rambut rontok yang mungkin pernah anda alami.

Baca Juga : Pernah Mengalami Mimpi Gigi Copot ? Ternyata Inilah Arti Mimpi Gigi Copot.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *