Advertisements

Rekomendasi 5 Ide Usaha Sampingan Rumah Tangga Minim Modal

wartabunda.com – 5 ide usaha sampingan minim modal bisa anda coba sebagai solusi mencari tambahan pemasukan. Siapa bilang menjadi ibu rumah tangga itu tidak akan bisa menghasilkan? Justru dari dunia yang selalu identik dengan pekerjaan domestik, ibu bisa menemukan banyak celah bisnis dan usaha sampingan tanpa modal yang menarik untuk ibu kembangkan. Menjadi seorang ibu rumah tangga memang sebuah pekerjaan penuh waktu, justru banyak orang mengatakan ini sebagai pekerjaan 24 jam. 

Namun dalam kepadatan tugas ibu, sebenarnya ibu masih memiliki beberapa waktu luang dan celah – celah yang bisa dimanfaatkan untuk aktivitas usaha maupun usaha sampingan tanpa modal. Disini disebutkan tanpa modal atau setidaknya sedikit modal karena kebanyakan ibu rumah tangga akan menunda langkah memulai bisnisnya hanya karena sebagian dari mereka belum mampu menyiapkan modal. 

Padahal ibu tidak akan bisa memulai apapun, jika ibu selalu menjadikan modal sebagai alasan dan kambing hitam keraguan ibu. Lantas, usaha sampingan apa saja yang bisa dijalankan tanpa modal atau minim modal yang layak dicoba oleh para ibu rumah tangga? 

Berikut dibawah ini rekomendasi 5 ide usaha sampingan rumah tangga tanpa atau minim modal yang layak dicoba, diantaranya yaitu : 

1. Agen Asuransi

Ibu akan sering bertemu dengan rekan ibu sesama ibu rumah tangga lainnya saat menghadiri arisan, saat menemani buah hati ke sekolah atau dalam pertemuan – pertemuan orang tua murid. Nah kesempatan tersebut bisa ibu manfaatkan untuk menawarkan asuransi yang menjamin masalah pendidikan dan kesehatan bagi keluarga. Sangat banyak orang tua dengan kondisi keuangan menengah yang tertarik dengan sistem asuransi dan ini bisa menjadi celah usaha bagi ibu. 

Menjadi Agen Rp 100 Juta | Republika Online

2. Direct Selling

Satu lagi usaha sampingan dengan memanfaatkan kesempatan ibu yang terbatas untuk bertemu dengan kolega ibu dalam pertemuan keluarga, airsan, atau pertemuan di sekolah buah hati ibu. Yaitu dengan menjadi agen direct selling. Ibu bisa menemukan pembeli dari produk yang ibu jual dengan sistem katalog. Pemesanan terjadi jika ada pembelian, sehingga ibu tidak perlu membeli stok. Disisi lain terkadang ada beberapa sistem direct selling yang juga menyediakan sistem jaringan atau MLM dan ibu bisa pun melakukan rekuitmen jaringan di pertemuan singkat tersebut. 

Direct Selling: Pengertian, Jenis, Kelebihan, Kekurangan dan Tipsnya

3. Online Shop

Advertisements

Usaha sampingan lain yang bisa jadi hampir serupa dengan usaha yang kedua adalah dengan membuka Online Shop. Ibu bisa melakukan kerjasama dengan supplier untuk melakukan sistem dropshipping. Sistem ini hampir sama dengan sistem direct selling dengan hanya bermodalkan katalog dan pemesanan yang sesuai dengan pembelian. Ibu bisa memulainya dengan modal minim untuk memulai usaha sampingan ini, seperti hanya biaya online dan pemeliharaan website.

Cara Sukses Membuka Usaha Online Shop dan Untung Besar 

4. Content Writer

Apakah ibu hobi menulis dan menyukai untuk terus menambah wawasan tentang berbagai macam hal? Jika iya, ide usaha sampingan ini bisa menjadi ide brilian untuk ibu. Ibu bisa menyediakan jasa penulisan, translate, dan juga penyusunan ulang artikel dengan peruntukkan sebagai muatan dalam berbagai website. Yang ibu perlukan untuk memulai usaha ini hanya modal biaya penggunaan internet dan kemampuan ibu untuk merangkai kata sesuai dengan standar penulisan dalam website. 

Hati-Hati Memilih Content Writer, Catat Kriteria Ini!

Baca Juga : 5 Usaha Untuk Ibu Rumahan Yang Menjanjikan

5. Usaha Organizer

Usaha lain yang patut ibu coba sebagai usaha sampingan tanpa modal adalah usaha penyelenggaraan acara atau organizer. Jika ibu berdomisili dikawasan dimana sebagian besar penghuninya sudah disibukkan oleh berbagai aktivitas harian seperti sebagai pekerja kantoran dan bisnis, mereka seringkali dibuat pusing hanya karena kesulitan mengatur waktu saat mereka merencanakan sebuah acara, meski acara kecil sekalipun mulai dari ulang tahun, syukuran, hingga sunatan. Ibu busa menyediakan jasa pengelolaan acara untuk kawasan pemukiman ini dengan modal minim. Sebab, ibu biasanya akan menerima uang muka diawal yang bisa digunakan untuk modal awal penyediaan peralatan. 

Izin yang Dibutuhkan Usaha Event Organizer - Prolegal

Informasi diatas merupakan beberapa rekomendasi ide usaha sampingan yang minim modal dan pastinya sangat layak untuk dicoba, khususnya bagi para ibu rumah tangga yang mana hal ini bisa menambah pemasukan yang cukup meyakinkan.

Advertisements