Advertisements

Cara Urus Surat Cerai Online Melalui Aplikasi e-Court

Sumber: Popbela.com

Tidak semua kehidupan rumah tangga selalu bisa berjalan lancar dan harmonis. Tidak jarang, pasangan suami istri merasakan perasaan manis dan romantis hanya saat diawal pernikahan saja. Kemudian setelah itu, mungkin akan mulai muncul suatu permasalahan yang bahkan terjadi hanya karena hal kecil, seperti salah satunya karena perbedaan pendapat antara keduanya. Jika mereka sudah tidak bisa menempuh jalan damai, maka jalan satu – satunya yang bisa dilakukan adalah dengan bercerai atau berpisah dari hubungan pernikahan.  Bagi mereka yang berada, perkara perceraian tentu akan mereka serahkan begitu saja kepada pengacara pribadinya. Namun, bagaimana jika orang yang akan mengajukan gugatan perceraian itu orang yang biasa – biasa saja dalam hal keuangan sehingga tidak mampu menyewa jasa pengacara pribadi untuk mengurus surat cerai? 

Tenang, tak perlu khawatir karena kamu bisa mengurusnya dengan mudah dan bahkan bisa dilakukan secara online. Lantas, bagaimana cara urus surat cerai secara online? Simak ulasan berikut ini !

Pemerintah telah menciptakan sebuah aplikasi e-Court yang diperuntukkan khusus dalam upaya untuk membantu mengurus surat pengajuan perceraian dalam pernikahan. Dengan kehadiran aplikasi e-Court, setidaknya mengurus surat cerai jadi terasa lebih mudah. 

Nah, berikut ini akan dijelaskan cara urus surat cerai melalui aplikasi e-Court : 

Advertisements
  1. Silahkan klik link https://ecourt.mahkamahagung.go.id/Login.
  2. Selanjutnya, isi username dan password yang sesuai. 
  3. Pada halaman utama, silahkan pilih menu Pendaftaran Perkara yang berada di kolom sebelah kiri. 
  4. Lalu, pilih opsi Gugatan Online. 
  5. Setelah itu, ketuk opsi Tambah Gugatan yang berada di bagian atas. 
  6. Kemudian, pilih Pengadilan Agama/Negeri yang hendak dituju. Lalu, ketuk Lanjutkan. 
  7. Selanjutnya pilih opsi Tambah Pihak. 
  8. Sekarang isi data pada kolom yang sudah disediakan dan simpan data. 
  9. Lalu klik Lanjut Upload Berkas yang berada di bagian bawah website. 
  10. Setelah masuk ke halaman Berkas Perkara Gugatan, silahkan masukkan data sesuai dengan berkas atau dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya. 
  11. Lalu, ketuk Lanjut Perhitungan SKUM. 
  12. Beri tanda centang pada kotak, lalu ketuk opsi Lanjut. 
  13. Jika nominal harga pembayaran untuk urus surat cerai sudah keluar, silahkan ketuk Lanjut Pembayaran. 
  14. Selanjutnya melakukan pembayaran dengan metode pilihan yang sudah disediakan. 
  15. Setelah itu, pihak pengadilan akan melakukan verifikasi data atas pendaftaran surat cerai milik kamu. Laporan verifikasi biasanya akan dikirimkan melalui surel yang terdaftar. 

Namun sebelum melakukan cara urus surat cerai online melalui aplikasi e-Court diatas, pastikan kamu sudah mempersiapkan terlebih dahulu Syarat Kelengkapan Dokumen Untuk Surat Cerai berikut ini :

  • Siapkan surat gugatan atau permohonan cerai
  • Siapkan KTP dari penggugat
  • Siapkan buku nikah
  • Siapkan Kartu Keluarga (KK)
  • Siapkan Akta Kelahiran Anak (Jika sudah memiliki) 

Di dalam aplikasi e-Court terdapat 4 layanan yaitu berupa :

Sumber: mahkama Agung
  • e-Filling (Pendaftaran Perkara Online di Pengadilan) yang bisa dilakukan setelah terdaftar sebagai Pengguna Terdaftar dengan memilih Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, atau Pengadilan TUN yang sudah aktif melakukan pelayanan e-Court. 
  • e-Payment (Pembayaran Panjar Biaya Perkara Online) yang secara otomatis akan menampilkan Taksiran Panjar Biaya (e-SKUM) dan Nomor Pembayaran (Virtual Account) yang bisa dibayarkan melalui saluran elektronik (Multi Channel) yang tersedia. 
  • e-Summons (Pemanggilan Pihak Secara Online) yang akan menginformasikan panggilan sidang dan Pemberitahuan Putusan disampaikan kepada para pihak melalui saluran elektronik ke alamat email para pihak serta informasi panggilan tersebut bisa dilihat pada aplikasi e-Court. 
  • e-Litigation (Persidangan Secara Online) yang akan mendukung dalam hal persidangan secara elektronik (online) sehingga bisa dilakukan pengiriman dokumen persidangan seperti Replik, Duplik, Jawaban, dan Kesimpulan secara elektronik.

Baca juga: 5 Doa Agar Ibu Cepat Hamil Bisa Dibaca Setiap Hari

Advertisements