Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Wanita dengan Akurat

Wartabunda.com – Saat dua pasangan disatukan dalam ikatan suci pernikahan, pastinya mereka sangat mendambakan untuk segera memiliki buah hati.

Untuk bisa mendapatkan keturunan dengan waktu yang relatif cepat, pastinya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti salah satunya masa subur pria dan wanita.

Lalu bagaimana cara menghitung masa subur pria dan wanita yang akurat?

Berikut dibawah ini cara akurat menghitung masa subur pria dan wanita diantaranya yaitu :

Cara Menghitung Masa Subur Pria

Ternyata tidak hanya wanita saja yang memiliki masa subur, karena para pria juga memiliki masa subur yang hampir sama dengan wanita.

Tetapi yang menjadi pembedanya adalah wanita memiliki masa subur yang bisa terjadi 2 – 3 hari selama 1 bulan setelah berakhirnya masa menstruasi.

Sedangkan pria memiliki masa subur hampir setiap harinya. Dimana seorang pria bisa dikatakan sedang dalam masa subur saat kondisi sperma mereka berada dalam jumlah yang sangat banyak dan sangat baik kondisinya.

Kesuburan pria juga sebenarnya bisa ditentukan selama dirinya masih bisa menghasilkan sperma dalam jumlah yang banyak dan kondisinya baik.

Tetapi selain itu adanya beberapa waktu yang membuat sperma pria menjadi lebih baik dan bahkan bisa diproduksi dalam jumlah yang sangat banyak.

Selain itu juga tingkat kesuburan pria dipengaruhi oleh beberapa faktor yang lainnya.

Seberanya sekarang sudah hadirnya aplikasi kalkulator masa subur pria yang tentunya akan mempermudah para pria untuk bisa mengetahui masa suburnya secara akurat.

Baca juga: Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat dan Cara Mengatasinya

Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Jika pria memiliki masa subur hampir setiap hari, wanita justru masa suburnya itu hanya terjadi 2 – 3 hari dalam 1 bulan yang bisa dihitung setelah berakhirnya masa menstruasi.

Cara paling mudah dan akurat untuk bisa mengetahui masa subur wanita adalah dengan sistem penghitungan kalender masa subur.

Memang cara ini bisa dibilang cukup ribet, tetapi kemungkinannya hasilnya sangat efektif. Dimana anda bisa membuat catatan khusus tentang kapan mulai dan hari terakhir menstruasi.

Siklus ini bisa dihitung mulai dari hari pertama menstruasi hingga menstruasi dibulan selanjutnya.

Untuk mengetahui siklus panjang pendeknya masa menstruasi, idealnya kamu bisa menghitung hingga 4 – 8 bulan.

Siklus menstruasi secara normal akan terjadi dalam jangka waktu antara 21 – 35 hari. Dimana saat terjadinya menstruasi, ovum atau sel telur wanita akan mulai tumbuh dan berkembang didalam rahim atau ovarium.

Saat ovum matang, maka ovum tersebut akan dilepaskan oleh ovarium. Peristiwa inilah yang disebut dengan masa subur atau ovulasi.

Masa ovulasi ini sendiri akan berlangsung 12 -14 hari yang dihitung mulai dari hari pertama menstruasi.

Sedangkan masa subur wanita idealnya terjadi dihari ke 10 hingga hari ke 17 sejak berakhirnya masa menstruasi.

Tetapi hal tersebut belum bisa dijadikan patokan karena setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda beda.

Oleh karena itu sangat penting bagi setiap wanita untuk membuat catatan khusus tentang periode dari siklus menstruasinya.

Tetapi selain dapat dilakukan dengan cara menghitung masa subur. Masa subur wanita juga bisa ditandai dengan beberapa ciri seperti lebih tingginya gairah seks jika dibandingkan hari hari biasa. Selain itu keluarnya cairan bening seperti putih telur yang disertai dengan adanya bercak kecoklatan.

Bagian rahim terasa sangat lembut dan lebih terbuka, bagian payudara merasa nyeri tetapi tidak lama waktunya, sakit kepala, mual, perut bagian bawah sakit dan merasa kembung atau mulas, dan lebih sensitif terlebih pada indera penciumannya.

Baca juga: Inilah Cara Mencegah Kehamilan Yang Harus Kalian Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *