Ini Dia Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi!

Advertisements
Sumber: TLC

Seperti yang  diketahui bahwa bayi memiliki imunitas yang lemah sehingga rentan sekali terserang penyakit, salah satunya adalah hidung tersumbat. 

Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi sebagai berikut:

1. Posisikan Kepalanya Lebih Tinggi

Untuk membantu si kecil lebih mudah bernapas, bunda letakkan kepala bayi dengan posisi lebih tinggi. Metode ini bisa dilakukan ketika si kecil rewel di malam hari akibat hidungnya tersumbat. Selain itu, kepala yang lebih tinggi juga bisa membuat lendir di dalam hidung si kecil menggumpal. 

2. Berikan Tepukan Lembut Pada Punggungnya

Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi selanjutnya adalah dengan memberikan tepukan lembut pada punggung si kecil. Ini bisa menjadi cara alami yang efektif untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. 

Untuk mempermudah melakukannya, bunda pangku si kecil secara tengkurap, lalu tepuk punggungnya dengan lembut. Selain itu, cara ini juga bisa membantu mengeluarkan lendir yang menyumbat hidung si kecil. 

3. Berikan Pijatan Lembut di Sekitar Hidung

Cara tradisional mengatasi hidung tersumbat pada bayi lainnya yang bisa coba bunda lakukan adalah dengan memberikan pijatan di sekitar hidung anak. Pijatan bisa memberikan rasa tenang dan membuat anak tidak rewel dan menangis lagi. 

Karena pada saat hidung hidung si kecil tersumbat, bunda harus berusaha untuk membuat anak tidak menangis karena hal itu bisa memperparah kondisi hidungnya yang tersumbat. 

4. Memandikan Anak Dengan Air Hangat

Memandikan si kecil menggunakan air hangat menjadi salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat pada si kecil. Sebab, uap dari air hangat yang mengepul dapat membantu meredakan lendir yang tersumbat di hidungnya. 

Advertisements

5. Alat Penyedot Lendir Hidung

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi ini membutuhkan batuan alat penyedeot ingus khusus bayi. Jika bunda tidak bisa atau khawatir melakukannya sendiri, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang penggunaan alat ini untuk membantu mengeluarkan lendir dalam hidung bayi.

6. Berjemur di Pagi Hari

Berjemur di pagi hari memang sangat baik untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Maka dari itu, bawalah si kecil berjemur di pagi hari untuk meredakan hidng tersumbatnya. Selain itu, sinar matahari di pagi hari juga bisa meningkatkan imunitas si kecil. 

7. Memenuhi Kebutuhan Cairan Anak

Cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi yang bisa bunda coba adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan si kecil. Pasalnya, kekurangan cairan akan membuat kondisi tubuh bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat semakin memburuk. 

8. Larutan Saline

Cairan saline bisa digunakan sebagai obat untuk batuk pada bayi yang disertai dengan hidung tersumbat. Saline sendiri merupakan larutan air dan garam yang steril yang mampu membantu membersihkan lendir pada hidung si kecil akibat infeksi virus. 

Saline bekerja dengan mengencerkan lendir kental di area hidung bayi sehingga lendir pun akan lebih mudah dikeluarkan dan napas bayi pun menjadi lancar. Selain bisa digunakan sebagai obat batuk pada bayi, larutan saline juga bisa berfungsi sebagai obat pilek bayi.

9. Menggunakan Humidifier

Humidifier dapat melembapkan udara yang berguna untuk mencegah lendir mengering di dalam hidung si kecil. 

Bunda bisa menaruh alat ini di kamar si kecil dekat tempat tidurnya, tetapi pastikan si kecil tidak bisa menjangkaunya. Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan Humidifier secara teratur, untuk mencegah pertumbuhan bakteri atau jamur di dalamnya. 

Baca juga: Cara Mengatasi Gusi Bengkak pada Anak Sesuai Penyebabnya

Sumber: https://www.hariancewek.com/

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *