Begini Cara Menyenangkan Untuk Memperkenalkan Dongeng Cerita Rakyat Ke Anak

Beberapa daerah Indonesia memiliki cerita melegenda. Ada banyak cerita rakyat dari berbagai daerah dan turun temurun tersampaikan secara lisan dan tulisan. Dengan cerita rakyat bahkan dapat menjadi bahan untuk membuat buah hati tertidur lelap saat malam hari.  Beragam cerita rakyat menjadi bagian tak terpisahkan dengan budaya Indonesia. Tetapi hanya saja, kalangan anak-anak era modern sekarang kurang antusias mendengar cerita rakyat. Maka peran orang tua di sini sangat penting untuk memperkenalkan ragam cerita rakyat tersebut ke anaknya. Kalau kalian para orang tua ingin tahu cara mudah dan menyenangkan memperkenalkan cerita rakyat pendek ke anak, maka simak info berikut ini. 

7 Dongeng Anak dari Legenda Cerita Rakyat, Menarik dan Sarat Makna

Ceritakan setiap hari agar anak makin tertarik

Kita mungkin sudah tahu Indonesia memiliki sangat banyak keanekaragaman suku, bahasa, dan juga warisan budaya. Cerita rakyat dari nusantara cukup beragam juga, sehingga terdapat banyak cerita untuk bisa dibagikan ke anak-anak. Pada saat ingin memperkenalkan dongeng cerita rakyat dengan menyenangkan, maka bisa menerapkan sehari satu cerita.  Dengan metode satu ini, maka bisa memicu rasa ketertarikan anak ke cerita-cerita yang dibagikan untuknya. Cari cerita berbeda-beda setiap harinya, tetapi cukup menarik untuk diceritkan ke anak-anak. Tugas kita hanya harus memperkaya koleksi cerita rakyat Indonesia yang ada, terapkan satu per satu ke anak-anak dengan konsisten. Sehingga anak makin tertarik memahami cerita rakyat tersebut. 

Coba mendengar podcast cerita rakyat

Kalau anak-anak senang mendengar podcast, kalian bisa memanfaatkan podcast tersebut untuk memperkenalkan cerita rakyat. Coba cari siaran dengan konten ragam cerita rakyat yang menarik. Meski cukup langka podcast yang bercerita mengenai cerita rakyat, tetapi cara ini mudah dilakukan untuk efektif memperkenalkan warisan budaya Indonesia dengan metode yang berbeda. Harus diingat pada saat anak diperkenalkan cerita rakyat, dirinya pun belajar mengenal ragam nilai-nilai positif terkandung dalam cerita rakyat tersebut. Hal ini dapat menjadi cara memperkenalkan kisah cerita rakyat serta dongeng yang cukup efektif. Membaca cerita rakyat berdasarkan lokasi

Pada saat memperkenalkan cerita ini kepada anak, rasa penasaran mereka harus dipacu dengan perlahan-lahan. Coba motivasi buah hati agar dia bisa memahami berbagai macam cerita rakyat se-Indonesia. Mengingat kisah cerita rakyat jarang diminati anak-anak, maka bisa mengajak berjelajah dari Sabang hingga Merauke. Mudah caranya, orang tua bisa perlihatkan peta Indonesia. Kemudian mintalah bantuan anak memilih pulau mana yang disukainya, cerita rakyat nanti yang dibacakan bisa berdasarkan pilihan tersebut. Di samping bisa mengajak berjelajah ke pulau-pulau Indonesia melalui cerita, anak-anak bisa makin memperkaya pengetahuan mereka juga terkait cerita secara konsisten. 

Pakai properti tambahan saat bercerita

Kalau anak termasuk suka aktivitas mendengar cerita memakai properti tertentu, coba lakukanlah. Orang tua bisa memanfaatkan ragam benda untuk dijadikan properti atua media membacakan cerita. Misal kostum, bayangan tangan, pertunjukan boneka, topeng dan sebagainya. Cari media pendukung untuk bisa kalian gunakan dalam menemani membacakan kisah cerita rakyat ke anak yang tidak ribet.

Perkenalkan budaya lewat permainan 

Kalau buah hati termasuk gemar main game, tips ini sangat cocok yaitu memperkenalkan cerita dengan permainan. Ada cukup banyak game yang menyediakan elemen khas Indonesia, dengan begitu anak-anak dapat belajar memahami budaya melalui permainan. Berbagai karakter dari cerita rakyat tentu sangat menarik. Mobile game memang sangat menarik tetapi perhatikan juga dan dibimbing agar tidak berlebihan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *