Advertisements
minyak kutus-kutus
Sumber: Gaya Tempo.co

Akhir-akhir ini banyak orang yang mencari tahu informasi seputar manfaat minyak kutus-kutus. Pasalnya, minyak tersebut diklaim memiliki khasiat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit lho.

Kendati demikian, tak sedikit pula dari masyarakat kita yang merasa ragu akan manfaat dari minyak kutus-kutus untuk kesehatan tubuh. Komposisi minyak kutus-kutus itu sendiri terdiri dari bahan dasar minyak kelapa asli yang dicampur dengan 48 jenis tanaman herbal. 

Itu artinya, minyak kutus-kutus sama sekali tidak menggunakan bahan hewani maupun zat kimia sehingga aman digunakan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi seputar manfaat minyak kutus-kutus, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini. 

Manfaat Minyak Kutus-kutus Untuk Kesehatan

  • Dapat Meredakan Asam Urat dan Rematik
  • Dapat Mencegah Penyakit Kanker Kulit
  • Dapat Mengatasi Masalah Insomnia
  • Dapat Mencegah Serangan Nyamuk
  • Mampu Menghambat Penuaan Dini
  • Dapat Mengurangi Rasa Gatal Akibat Gigitan Serangga.
  • Mampu Mengurangi Rasa Stress
  • Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Luka
  • Dapat Meningkatkan Vitalitas dan Stamina Tubuh
  • Dapat Meredakan Sakit Flu dan Batuk
  • Mampu Meredakan Masalah Pencernaan

Komposisi Dalam Minyak Kutus-kutus

1. Temulawak

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa temulawak merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Itu sebabnya, mengapa tanaman yang satu ini kerap digunakan sebagai bahan dasar untuk produk obat-obatan herbal. 

Selain dapat mengobati peradangan dan mempercepat penyembuhan luka, temulawak juga diyakini mampu mengatasi masalah gangguan pencernaan, ostheoporosis, hingga membantu pengobatan kanker. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, tanaman temulawak dapat mengatasi masalah ekzema, sirosis, masalah jantung, masalah kesehatan mulut, dan batu empedu. 

Akan tetapi, manfaat temulawak untuk pengobatan penyakit-penyakit kronis masih membutuhkan penelitian yang lebih jauh lagi. 

2. Pule

Advertisements

Sebenarnya ada banyak sekali istilah penyebutan untuk tanaman pule, mulai dari pulai, kayu gabus, lame, lamo, dan jeletung. Pada umumnya, bagian kulit kayu dan daunnya sering digunakan untuk membuat produk minyak kutus-kutus. 

Menurut informasi yang didapat, tanaman pule mempunyai berbagai kandungan senyawa yang mampu mengatasi penyakit demam berdarah, anemia, arthritis (rematik), hingga hipertensi (tekanan darah tinggi). 

3. Kayu Gaharu

Selain digunakan untuk kebutuhan property dan furnitue, kayu gaharu juga kerap dijadikan bahan baku untuk pembuatan obat herbal termasuk minyak kutus-kutus. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ekstrak kayu gaharu memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Mengenai manfaatnya, ekstrak kayu gaharu dalam minyak kutus-kutus diyakini dapat membantu mengatasi masalah ginjal kronis. Bukan hanya itu, kayu gaharu juga diklaim mampu membantu dalam mengatasi penyakit asma, kebotakan rambut, gangguan pencernaan, pembengkakan, dan menciptakan sensasi relaks.

4. Minyak Kelapa

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa minyak kelapa merupakan bahan dasar dalam pembuatan minyak kutus-kutus. Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa minyak kelapa kaya akan kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. 

Tak hanya tinggi kandungan nutrisi, bahkan ekstrak minyak kelapa juga kaya akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan. 

Adapun mengenai berbagai manfaat lainnya dari minyak kelapa yang harus kamu ketahui, seperti dapat membantu mencegah penyakit gusi dan karies gigi, membakar lemak perut, menjaga kesehatan rambut dan kulit, hingga dapat menstabilkan gula darah dalam tubuh.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, tekstur minyak kepala ini lebih mudah diserap oleh kulit ketimbang jenis minyak lainnya lho.

Baca juga: 7 Manfaat Susu Kambing Untuk Kesehatan

Advertisements