Advertisements
Sumber; KlikDokter

Semua orang tentu sudah tahu tanda kehamilan yang klasik yaitu melewatkan masa menstruasi. Namun selain itu, wanita hamil juga mengalami beberapa tanda – tanda lain. Lantas, apa saja tanda – tanda kehamilan lain selain telat haid atau menstruasi? 

Tanda – tanda hamil muda yang umum dan menjadi pertanda awal seseorang mengalami kehamilan adalah seperti mual, telat, haid, dan kelelahan. Namun sayangnya tidak semua perempuan akan mengalami hal serupa. Bahkan sebagian wanita tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil sebelum melakukan tes. 

Selain telat haid, Berikut tanda – tanda hamil yang tidak disadari dan paling umum :

1. Penciuman Sensitif

Sumber: KlikDokter

Penciuman ibu hamil jadi lebih sensitif terhadap bau, sehingga tidak heran kondisi ini juga bisa memicu rasa ingin mual dan muntah (morning sickness). Beberapa bau yang sebelum hamil tidak pernah mengganggu namun kini menjadi kurang menyenangkan atau bahkan membuat mual. Namun, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena akan hilang sendiri. 

2. Sembelit

Sumber: Halodoc

Adanya perubahan hormon selama kehamilan akan membuat sistem pencernaan menjadi lambat. Alhasil, ibu hamil akan merasa susah buang air besar. Jika mengalami kondisi seperti ini sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan dan serat harian. 

3. Kram

Sumber: Alodokter

Beberapa wanita mengalami kram perut mirip dengan kram menstruasi di awal kehamilan. Biasanya rasa sakit terasa di perut bagian bawah dan hanya berlangsung selama beberapa menit saja. Tanda – tanda kehamilan ini terjadi selama trimester pertama. 

Kondisi ini merupakan bagian dari perubahan fisik normal didalam tubuh dalam persiapan untuk bayi. Saat embrio ditanamkan ke dinding terkadang akan mengakibatkan kram implantasi. 

4. Tidak Selera Makan

Sumber: Kompas Health

Wanita hamil jadi lebih sensitif terhadap aroma tertentu dan indera perasanya juga akan berubah. Kondisi itulah yang mengakibatkan ketidaksukaan terhadap makanan tertentu. Keengganan makan ini bisa terjadi akibat perubahan hormon saat hamil. 

5. Kembung

Wanita hamil juga akan merasa kembung sama seperti saat mengalami periode awal menstruasi. Kondisi ini terjadi akibat adanya perubahan hormon yang akan memperlambat sistem pencernaan. 

Advertisements

6. Bercak Darah

Sumber: Popmama.com

Awal kehamilan juga biasanya ditandai dengan implantasi (pendarahan) berupa flek ringan berwarna merah. Kondisi ini menjadi tanda bahwa sel telur yang dibuahi sudah menempel di dinding rahim sekitar 10 – 14 hari setelah pembuahan. Namun, tidak semua wanita hamil mengalami tanda ini. 

7. Perubahan Suasana Hati

Sumber: Gramedia.com

Hormon wanita hamil juga tiba – tiba bisa berubah, dimana kadar estrogen dan progesteron akan mengalami peningkatan selama kehamilan. Terjadinya peningkatan hormon ini akan memengaruhi suasana hati. Jadi, tidak heran jika wanita hamil mudah merasa emosional dari biasanya. 

Perubahan suasana hati ini bisa membuat wanita hamil mudah menangis atau mengalami gangguan emosional lain. 

8. Muncul Rasa Logam Di Mulut

Sumber: Alodokter

Selama tahap awal kehamilan juga mungkin akan muncul rasa logam di mulut yang terjadi akibat meningkatnya kadar estrogen dan progesterone. Kondisi ini menyebabkan wanita hamil mengalami perubahan rasa di mulut, dimana rasanya mirip seperti mengunyah beberapa logam. 

Untuk mengatasinya, wanita hamil bisa mengunyah permen atau minum cairan dingin yang menyegarkan. 

Kamu tentunya tidak ingin kan melewatkan masa awal kehamilan? Meski semua wanita tidak akan mengalami tanda – tanda kehamilan yang sudah disebutkan diatas, namun kamu bisa melakukan tes kehamilan di rumah untuk mengetahui hasilnya. Kamu bisa membeli alat tes kehamilan di apotek – apotek terdekat dan mencobanya di rumah.

Baca juga: 7 Rekomendasi Suplemen Asam Folat Untuk Ibu Hamil!

Sumber: https://hariancewek.com/

Advertisements