Variasi Bekal Makanan Anak Agar Tak Bosan

Advertisements

Variasi Bekal Makanan Anak Agar Tak Bosan, Berikut Ini Referensinya

Variasi Bekal Makanan Anak
Sumber: Lifepal

Berikut ini adalah beberapa referensi variasi bekal makanan agar si kecil tidak bosan dan lahap makan, yang bisa dijadikan referensi bunda untuk sang buah hati.

1. Hari Senin

Variasi Bekal Makanan Anak
Sumber: Generasimaju

– Gunakan nasi sebagai karbohidrat berat yang bisa menggenjot energi.

– Untuk lauk bisa telur si protein tinggi yang tiap minggunya bisa divariasi cara masaknya seperti telur mata sapi, dadar, scramble, rebus, dan masih banyak lagi.

– Umumnya anak tidak suka sayur, maka kita bisa akalin dengan sayur yang manis seperti wortel, brokoli, timun, tomat yang dilengkapi mayonaise. Bisa juga buatkan oseng-oseng yang gurih jangan pedas, atau sop yang mempermudah menelan nasi.

– Sisipkan buah yang tinggal santap seperti apel, jeruk, anggur, dan lainnya.

2. Hari Selasa

Variasi Bekal Makanan Anak
Sumber: Bebelac

– Hari kedua bisa gunakan kentang sebagai karbohidrat, kentang bisa direbus atau digoreng.

– Protein atau lauknya bisa gunakan nugget, atau ayam goreng tepung yang kering sehingga bisa dikonsumsi secara cepat.

– Sayur bisa pakai dikombinasikan dengan mayonaise, rebus saja wortel dan brokoli.

– Bawakan buah yang lebih padat seperti pisang supaya menyokong energi.

3. Hari Rabu

Sumber: Cookpad

– Buatkan mie goreng yang kaya cita rasa atau pasta yang lezat sausnya.

– Lauk atau protein bisa potongan ayam atau daging yang disesuaikan cara masaknya dengan karbonya, misal jika mie goreng tradisional bisa potongan ayam bumbu kecap. Jika pasta pakailah potongan atau bola-bola daging yang lebih masuk dengan sausnya.

– Sayur disini bisa pakai potongan sawi, kol, daun bawang, wortel, jamur, jagung dan lainnya yang cocok dengan mie goreng atau pasta.

Advertisements

– Buahnya berikan yang ringan dan berair sebagai penyegar setelah makan mie yang suka menimbulkan rasa eneg, seperti buah anggur, jeruk, pepaya, buah naga, nanas, semangka, belimbing, melon, dan masih banyak lagi.

4. Hari Kamis

Sumber: Topwisata

– Biar berbeda karbohidratnya pakailah jagung, makaroni rebus dan warp atau kulit seperti kulit lumpia atau tortila atau kulit kebab. Jagung yang sudah dipipil, direbus, dan dibumbui bisa dibungkus dengan kulit bersama protein dan sayuran sehingga anak bisa gigit bersamaan Karbo, protein, dan sayur.

– Protein disini bebas ya bisa disesuaikan dengan rasa yang ingin diberikan, bisa telur rebus, telur ceplok, cincangan ayam, suwiran ayam, cincangan daging, bola-bola daging. Intinya yang bisa dicampur dengan makaroni rebus, jagung, dan sayur.

– Sayur bisa gunakan potongan daun bawang yang diiris halus, daun slada, bawang bombai, timun, tomat yang intinya memiliki tekstur renyah, bercitarasa kuat, dan segar. Campurkan Karbo, protein, dan sayur secara rapih di dalam kulit kemudian jangan lupa bubuhkan mayonaise, saus sesuai selera.

– Buah yang cocok untuk pendamping kebab atau gulungan seperti yang disajikan hari ini ialah yang berair, atau bisa tambahkan irisan alpukat ke dalam kebab atau gulungan tadi bersama jagung, protein, dan sayur.

5. Hari Jumat

Sumber: Tokopedia

– Untuk hari yang singkat bisa jadikan roti sebagai pilihan karbohidrat yang cocok untuk cepat disantap, dan cepat dibuat juga. Roti bisa diolah menjadi beragam misal dioleskan selai sesuai kesukaan si buah hati, atau diisi daging, telur, sayur, juga mayonaise menjadi sandwich yang lezat dan bergizi, atau dijadikan layaknya burger dengan daging burger dan bawang bombainya.

– Protein disesuaikan saja dengan yang ingin dibuat, misal kalau selai pilihlah selai yang mengandung banyak nutrisi bukan banyak gula. Jika ingin buat sandwich atau burger bisa gunakan telur, dan daging. Jangan lupa mayonaise yang juga termasuk protein, sekaligus perasanya.

– Sayur bisa di take down dulu jika roti isi selai, tetapi jika sandwich atau burger bisa diisi dengan daun slada, bawang bombai, timun, dan tomat.

– Untuk buahnya pilih yang mudah melahapnya atau sudah dipotong dan dikupas.

Sebagai catatan tambahan jangan lupa bawakan sekotak susu UHT untuk melengkapi nutrisi harian anak, semoga informasi di atas bermanfaat, selamat berkreasi!!

Baca juga: Makanan Mengandung Zat Besi Untuk Kembang Bayi

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *