5 Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Hamil 1 Bulan yang Wajib Dikonsumsi

Tentu saja, saat hamil muda terutama usia kandungan 1 bulan, ibu hamil tidak boleh memakan sembarang makanan. Oleh karenanya, disarankan bagi wanita hamil muda untuk mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Makanan sehat bagi wanita hamil ini memang beragam.

healthy foods

Namun, ada beberapa jenis makanan sehat tertentu yang bagus dikonsumsi ibu hamil 1 bulan. Pastinya, jenis makanan tersebut bagus untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janinnya. Apa saja makanan sehat untuk ib hamil 1 bulan? Yuk, simak 5 makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini.

1. Daging Sapi

Bagi ibu hamil yang memiliki usia kandungan 1 bulan, sangat disarankan untuk mengonsumsi daging sapi. Itu karena daging sapi memiliki nutrisi yang banyak dibutuhkan untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Adapun kandungan nutrisi pada daging sapi adalah sebagai berikut.

  • Zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin pada ibu hamil.
  • Vitamin B
  • Protein¬†
  • Zinc.

Daging untuk Ibu Hamil, Cara Aman Mengolah Daging untuk Bumil

2. Gandum

Makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan lainnya adalah gandum. Perlu diketahui, gandum memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk pertumbuhan janin dalam rahim. Adapun nutrisi yang terkandung pada gandum, antara lain: serat, Vitamin B kompleks, zat besi dan karbohidrat.

Asyik, Simak Manfaat Gandum untuk Kecantikan Ini

Jadi, ibu hamil 1 bulan dapat mengonsumsi beberapa jenis kandungan gandum, seperti: oatmeal, beras cokelat dan barley. Mengonsumsi gandum secara rutin dan berkala dapat menjaga daya tahan tubuh ibu hamil untuk tetap sehat.

3. Telur

Bukan rahasia lagi, telur merupakan salah satu makanan sehat yang baik untuk segala usia. Hal tersebut juga berlaku bagi ibu hamil 1 bulan. Artinya telur merupakan salah satu makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan. Itu karena telur kaya akan protein yang sangat dibutuhkan tubuh ibu hamil dan janin di dalam rahimnya.

13 Kandungan Telur yang Bergizi dan Bermanfaat untuk Tubuh

Selain itu, telur juga mengandung mineral dan vitamin yang dapat membantu pertumbuhan otak janin di dalam rahim. Namun, bagi ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi telur mentah. Hal tersebut karena telur mentah dapat menyebabkan timbulnya bakteri salmonella pada ibu hamil.

4. Ikan

Satu lagi makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan yang direkomendasikan, yaitu ikan. Hal tersebut karena ikan memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Kandungan nutrisi pada ikan, antara lain: Vitamin B2, Vitamin D, Vitamin E, asam lemak omega 3, kalium, fosfor dan kalsium.

Catat, Jenis Ikan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Ibu Hamil - Health  Liputan6.com

Namun, perlu diwaspadai bagi ibu hamil 1 bulan, tidak disarankan untuk mengonsumsi jenis ikang yang memiliki kandungan merkuri tinggi. Adapun jenis ikan yang bagus dikonsumsi untuk ibu hamil 1 bulan, antara lain: ikan salmon, tuna sampai dengan ikan nila.

5. Sayuran

Makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan lainnya yang disarankan untuk dikonsumsi adalah sayuran. Itu karena sayuran dapat memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, nutrisi yang ada pada sayuran dapat membantu pertumbuhan janin secara alami.

12 Sayuran Rendah Gula, Cocok untuk Menu Diet

Adapun beberapa jenis sayuran yang bagus untuk ibu hamil 1 bulan, antara lain: bayam, kale, wortel, tomat, jagung sampai dengan kubis. Nah, bagi ibu hamil 1 bulan, pastikan untuk rutin mengonsumsi beberapa jenis sayuran tersebut supaya kesehatan tubuh Anda dan janin selalu sehat.

Itulah 5 jenis makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan yang harus rutin dikonsumsi oleh wanita hamil. Tentu saja, dengan rutin mengonsumsi makanan sehat tersebut, kebutuhan nutrisi janin dalam rahim dan ibu hamil terpenuhi. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan pola makan yang sehat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *